tumor otak penyebab sakit kepala

Plossa.co.id – Tumor otak merupakan perkembangan sel yang tidak normal di otak, menurut Mayo Clinic terdapat dua jenis tumor otak yaitu tumor otak jinak serta ganas, tumor otak dengan sifat nonkanker dikenal sebagai tumor otak jinak, sedangkan tumor otak yang memiliki sifat kanker dapat dikatakan tumor otak ganas.

Keganasan tumor otak dipengaruhi oleh cepat dan lambatnya pertumbuhan tumor, ketika massa tumor berkembang dan membesar serta menyerang satu tempat tertentu maka gejala penyakit mulai timbul diakibatkan sistem saraf terganggu. Kita perlu waspada terhadap penyakit ini, untuk itu kita perlu tahu apa saja gejala awal tumor otak yang perlu diwaspadai.

  1. Sakit kepala
    Sakit kepala merupakan tanda awal terjadinya tumor otak karena gejala ini dialami sekitar 50% penderitanya. Dikutip dari Healthline, tumor otak dapat menekan saraf serta pembuluh darah di otak. Akibatnya penderita dapat merasakan sakit kepala. Terdapat ciri-ciri sakit kepala yang diakibatkan oleh tumor otak seperti nyeri terus-menerus, serta tidak mudah diredakan oleh obat penghilang rasa sakit. Tumor otak dapat menjadi penyebab sakit kepala yang sangat menganggu karena penderitanya akan mengalami sakit kepala yang menyakitkan yang dapat disertai dengan gejala muntah ketika beraktivitas seperti berolahraga atau bergerak.
  2. Kejang
    Gejala tumor otak yang tidak boleh kita remehkan salah satunya adalah kejang. Tumor otak dapat menekan sel saraf di otak, memberikan ganggual sinyak kelistrikan di otak serta memicu kejang. Biasanya kejang merupakan gejala awal tumor otak, namun kejang juga dapat menjadi tanda-tanda penyakit lainnya.
  3. Mudah lelah
    Badan kita pasti terasa lelah sehabis melakukan aktivitas fisik yang berat, kita perlu waspada apabila badan kita gampang cape tanpa penyebab yang jelas, apalagi rasa lelah tersebut membuat tubuh kita menjadi berat digerakan serta ingin tidur terus, keadaan ini bisa menjadi gejala awal tumor otak.
  4. Mual dan muntah
    Tanda yang khas dari tumor otak adalah mual serta muntah, keadaan ini dipengaruhi oleh tidak seimbangnya hormon saat tumor berkembang, kadang-kadang gejala mual serta muntah dapat berlanjut ke tahap lain.
  5. Gampang lupa serta sering bingung
    Apa kamu sering lupa atau sering bingung? Kamu perlu waspada karena bisa jadi kamu sedang mengidap tumor otak, tumor di lobus atau temporal bisa mengakibatkan gangguan memori. Selain itu, tumbuhnya tumor di wilayah itu dapat mempengaruhi nalar kamu. Beberapa gejala awal tumor otak yang dapat mempengaruhi memori serta daya nalar adalah sulitnya konsetrasi, gampang bingu dan gampang lupa.

Itulah beberapa gejala tumor otak yang perlu kita waspadai, tumor otak dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala dan untuk mengurangi sensasi nyeri kepala kamu bisa menggunakan Plossa karena Plossa adalah produk praktis dengan 4 keunggulan seperti dapat menjadi Roll On, In Haller, Kerokan dan Relaksasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *