jenis-jenis masker

Plossa.co.id – Pada situasi new normal saat ini penggunaan masker sangat penting, banyak masyarakat yang membeli masker untuk melindungi diri dari virus corona. Namun banyaknya pilihan masker yang dijual membuat masyarakat menjadi bingung, ketika kamu membeli masker kamu perlu tahu fungsi masing-masing masker dan berikut ini adalah jenis-jenis masker yang digunakan untuk menangkal penyebaran virus corona.

Jenis masker sangat beragam dengan beberapa diantaranya adalah untuk menangkal polusi tetapi tidak bisa menangkal penyebaran virus corona, hingga saat ini terdapat 3 masker yang disarankan untuk menangkal penyebaran virus corona.

  • Masker Kain
    Sesuai dengan anjuran Kementrian Kesehatan RI, masyarakat disarankan menggunakan masker kain ketika bepergian ke luar rumah. Contohnya ketika kamu pergi ke kantor untuk bekerja atau kepasar untuk berbelanja. Masker kain dapat melindungi kamu dari percikan air liur yang keluar saat kamu sedang berbicara dengan keluarga atau temanmu.Kamu juga bisa terlindung ketika orang yang berada didekatmu sedang batuk atau bersin, namun kamu penggunaan masker dapat lebih efektif jika kamu juga melakukan physical distancing.
  • Masker Bedah
    Surgical Mask  atau masker bedah adalah masker yang digunakan sekali pakai, dan kamu sering melihatnya ketika kamu pergi kerumah sakit atau sedang melihat petugas medis. Sebelum himbauan menggunakan masker kain, masyarakat banyak mencari masker model ini, kelangkaan masker ini membuat harga masker ini menjadi mahal untuk itu pemerintah menghimbau menggunakan masker kain untuk digunakan sehari-hari dan masker bedah ini hanya diperuntukan untuk para petugas medis.Masker ini memiliki 3 lapisan dengan fungsi masing-masing yaitu:

    – Lapisan luar yang berfungsi anti air
    – Lapisan tengah berfungsi sebagai filter kuman
    – Lapisan dalam yang berfungsi menyerap cairan yang keluar dari mulut

  1. Masker N95
    Masker jenis ini adalah masker yang paling efektif menangkal corona dibanding masker kain dan bedah, dari segi harga masker ini cenderung lebih mahal daripada masker lainya, tidak hanya mampu menangkal percikan cairan air liur, masker ini juga dapat menangkal partikel kecil yang berada di udara seperti virus. Dibanding masker lainya masker N95 terasa lebih ketat pada wajah, karena masker ini memang dirancang untuk menutupi hidung dan mulut orang dewasa. Masker ini tidak cocok digunakan pada aktivitas sehari-hari seperti saat sedang bekerja dikantor, pergi kepasar untuk berbelanja atau belajar disekolah. Hal ini dikarenakan ketika menggunakan masker ini dalam waktu lama akan membuat kita menjadi sulit bernapas, gerah dan kurang nyaman. Masker ini memang dirancang untuk petugas medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien positif corona.

Menggunakan masker saat pandemi adalah salah satu cara efektif dari penularan virus corona, banyak jenis masker yang beredar dipasaran, dan setelah membaca tulisan ini diharapkan kamu bisa tahu fungsi dari masing-masing masker tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *