pakai masker

Plossa Sejak virus corona melanda dunia, masker kini menjadi benda yang wajib digunakan setiap harinya saat beraktivitas di luar rumah. Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan aturan bahwa masyarakat wajib pakai masker saat bepergian. Meskipun tujuan menggunakan masker sangat baik, yaitu untuk menghindari paparan virus corona.

Namun, pemakaian masker sering menimbulkan masalah tersendiri bagi beberapa orang. Masalahnya adalah banyak orang yang merasa pengap saat menggunakan masker. Pasalnya, tidak sedikit orang yang belum terbiasa menggunakan masker saat beraktivitas. Lantas, adakah tips supaya tidak pengap saat menggunakan masker? Tentu saja ada.

Ini Dia, 4 Tips Agar Tidak Pengap Saat Pakai Masker

Batasi Waktu Penggunaan Masker

Menurut CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit, pemakaian masker hanya disarankan saat berada di tempat umum yang cukup sulit untuk menjaga jarak fisik. Dengan menggunakan masker di tempat umum, maka kita bisa terhindar dari ancaman penularan virus corona dari orang lain.

Namun, jika sedang tidak berada di tempat umum yang dikerumuni banyak orang, maka pemakaian masker tidak diwajibkan. Artinya, ada batasan waktu pemakaian masker. Sehingga, masker tidak digunakan selama 24 jam non-stop yang tentunya akan membuat pengap dan sulit bernapas.

Gunakan Masker dari Bahan Breathable

Agar tidak pengap saat menggunakan masker, maka pemilihan bahan masker tersebut sangatlah penting. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis bahan atau kain bisa memberikan kenyamanan saat digunakan sebagai masker. Sebaiknya, pilih bahan katun yang digunakan untuk membuat masker. Hindari pemakaian masker yang dibuat dari bahan sintesis. Katun adalah jenis bahan dengan serat yang cukup baik. Sehingga, akan memudahkan penggunanya untuk bernapas saat memakainya.

Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Perlu diketahui bahwa hidrasi sangat penting untuk pernapasan. Minum air sepanjang hari diketahui bisa menjaga lapisan mukosa yang ada di paru-paru agar tetap lembap. Dengan begitu, maka paru-paru bisa berfungsi lebih baik. Bahkan, selama menggunakan masker sekalipun. Oleh karena itu, jangan pernah biarkan diri Anda merasa kehausan. Pastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

Bawa Cadangan Masker

Jika banyak melakukan aktivitas di luar rumah yang mengharuskan menggunakan masker, sebaiknya jangan hanya membawa satu masker saja. Bawalah masker lain sebagai cadangan saat bepergian. Pasalnya, masker bisa saja basah karena keringat atau kotor karena faktor lainnya.

Tentu saja, kondisi masker yang seperti ini kurang efektif untuk menyaring kuman. Bukan hanya itu, masker yang kondisinya sudah kurang baik tentu bisa membuat penggunanya lebih sulit untuk bernapas. Akibatnya, pengguna pun akan merasa sesak. Maka dari itu, segera ganti dengan masker baru agar fungsi masker bisa berjalan dengan baik.

Mengoleskan Plossa Sooth & Aromatics

Plossa memiliki kandungan daun eucalyptus yang dapat melegakan dan memberikan kenyamanan pada hidung. Oleskan plossa pada bagian luar masker sebanyak 3 kali sebelum digunakan. Rasakan sensasi kesegarannya, hidung pun terasa plong walaupun tertutup masker.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak pengap saat menggunakan masker. Meskipun cara menggunakan masker yang benar memang akan membuat sedikit pengap, namun hal ini seharusnya tidak menjadi masalah. Pasalnya, fungsi pemakaian masker itu sendiri lebih penting karena dapat melindungi diri dari paparan virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *