pijat wanita hamil

Plossa.co.id – Selama masa kehamilan biasanya ibu hamil akan merasa pegal-pegal pada bagian kaki, hal ini tentu sangat menganggu sekali untuk aktivitas para ibu hamil. Bagi para ibu hamil masalah pegal pada kaki jangan sampai dianggap sepele karena dapat mengakibatkan kram kaki bahkan bengkak.

Biasanya saat masa kehamilan, permasalahan pegal pada kaki akan berdampak pada masalah pegal pada bagian tubuh lainya seperti masalah pada perut, pangkal paha hingga pinggang. Lalu apa sih yang menjadi penyebab dari masalah kaki pegal saat hamil? Berikut ini adalah penjelasanya.

Penyebab Kaki Pegal Saat Hamil

Ada beberapa penyebab ibu hamil sering mengalami pegal dan salah satu penyebabnya adalah meningkatnya berat badan pada ibu hamil. Berat badan yang naik saat masa kehamilan biasanya sering terjadi, akibatnya ligament kaki harus menopang berat badan yang berlebih, selain itu sendi kaki akan menjadi lebih tertekan dibandingkan saat tidak mengalami kehamilan.

Selain meningkatnya berat badan, ada beberapa hal yang menjadi penyebab kaki pegal pada ibu hamil diataranya adalah

  • Perubahan postur tubuh
  • Meningkatnya hormone relaxin
  • Edema saat masa kehamilan
  • Dehidrasi
  • Varises

Lalu bagaimana cara menghilangkan atau meredakan kaki pegal saat hamil? Berikut ada beberapa tips yang bisa ibu hamil coba.

Tips Meredakan Kaki Pegal Saat Hamil

  1. Peregangan Kaki
    Tips pertama yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan melakukan peregangan kaki sebelum tidur. Cara ini akan membantu melancarkan peredaran darah serta mengurangi rasa pegal pada kaki. Selain itu ibu hamil juga bisa melakukan olahraga peregangan seperti yoga atau senam, namun sebelum itu konsultasikan dulu dengan dokter kehamilan agar tidak membahayakan kandungan ibu hamil.
  2. Menggunakan Air Hangat
    Saat ibu hamil mengalami pegal pada kaki, cobalah mandi atau membasuh kaki dengan air hangat, karena air hangat memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Cara ini bisa dilakukan oleh ibu hamil sebelum tidur.
  3. Tidur Posisi Menyamping
    Tips selanjutnya adalah cobalah tidur dengan posisi menyamping, posisi tidur menyamping  dapat mengurangi tekanan pada pembuluh vena cava yaitu pembuluh vena terbesar yang mengarah ke jantung. Tidur dengan posisi ini diharapkan dapat mengurangi rasa pegal pada kaki saat masa kehamilan.
  4. Pijat bagian kaki dengan lembut
    Memijat bagian kaki dengan lembut bisa menjadi salah satu tips yang bisa dicoba untuk meredakan pegal pada kaki. Namun tidak semua bagian pada tubuh ibu hamil bisa dipijat karena dapat mengganggu proses kehamilan. Bagian kaki yang tidak boleh dipijat adalah area refleksi seperti telapak kaki dan jari-jari kaki. Sementara bagian seperti paha, betis serta pergelangan kaki bisa dipijit dengan lembut. Agar lebih nyaman memijat bagian kaki, ibu hamil bisa menggunakan PLOSSA, karena PLOSSA memiliki alat pijat serta esensial oil yang dapat dioleskan pada bagian yang ingin dipijat dengan lembut. Esensial oil pada PLOSSA akan memberikan rasa nyaman serta ketenangan, sehingga dengan menggunakan PLOSSA akan meredakan rasa pegal pada kaki ibu hamil.
  5. Kompres dengan air dingin
    Tips terakhir yang bisa dicoba oleh ibu hamil untuk meredakan pegal pada kaki adalah dengan kompres pada bagian otot kaki yang merasa pegal. Lalu bisa juga dengan mengusapkan handuk atau kain tersebut menuju tumir supaya melancarkan peredaran darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *