daya tahan tubuh

Plossa.co.id – Saat ini kita masih dihadapkan dengan situasi pandemi akibat virus Covid-19. Menjaga pola hidup sehat sangat penting agar daya tahan tubuh kita dapat meningkat di masa pandemi seperti sekarang ini. Ada banyak cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Istirahat cukup
    Pada era saat ini banyak orang yang kurang memperhatikan waktu istirahat, banyak dari mereka yang jatuh sakit karena kurang istirahat. Pola istirahat yang berantakan membuat daya tahan tubuh mereka melemah. Untuk itu saat masa pandemi ini usahakan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Menurut para ahli bagi orang dewasa setidaknya butuh waktu istirahat 7-9 jam sehari. Selain itu kurangnya waktu istirahat tidur akan mempengaruhi terhadap tubuh untuk memproduksi “sitokin” dalam jumlah yang cukup. “sitokin” adalah jenis protein yang berfungsi untuk melawan infeksi serta peradangan sehingga akan efektif menciptakan respon imun tubuh.
  2. Makanan bergizi seimbang
    Tips selanjutnya dalam meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Mungkin sejak dini kita sudah dikenalkan dengan kalimat 4 sehat 5 sempurna, namun seiring bertambahnya usia kita kurang memperhatikan asupan gizi yang masuk kedalam tubuh kita. Memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh kita pada saat ini sangat penting, karena mengonsumsi makanan berlebihan dan kurang memperhatikan kandungan gizi didalamnya dapat membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Sebagai contoh ketika kita mengonsumsi makanan dengan lemak berlebih akan memicu penyakit seperti kolesterol dan penyakit lainya.
  3. Konsumsi makanan peningkat daya tahan tubuh
    Tidak hanya mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, tetapi dalam meningkatkan daya tahan tubuh juga diperlukan untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai contoh untuk mengonsumsi makanan brokoli serta bayam, dua jenis sayuran tersebut banyak mengandung antioksidan yang tinggi serta vitamin A. Selain dua makanan tersebut kamu juga bisa mengonsumsi makanan dari beberapa bahan seperti bawang putih, kunyit, beberapa jenis seafood seperti kerang, ikan dan tiram, lalu beberapa buah seperti lemon, jeruk, kiwi, dan buah jambu.
  4. Konsumsi banyak air putih
    Menjaga tubuh kita agar terhindar dari dehidrasi juga merupakan salah satu  cara kita meningkatkan daya tahan tubuh dimasa pandemi ini. Banyak orang yang kurang minum air putih sesuai kebutuhan tubuh yaitu minimal 2 liter perhari atau lebih, padahal dengan banyak mengonsumsi air putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah turunya metabolisme tubuh yang dapat membuat tubuh kita rentan terkena virus.
  5. Rutin berolahraga
    Pada masa pandemi seperti saat ini banyak kegiatan yang biasanya dilakukan diluar rumah namun harus dilakukan didalam rumah, salah satunya adalah olahraga. Untuk meningkatkan sistem imun yang ada didalam tubuh, rutin berolahraga merupakan salah satu cara terbaik. Banyak ahli yang berpendapat rutin berolahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Sehingga kegiatan olahraga sangat cocok untuk meningkatkan sistem imun didalam tubuh.
  6. Konsumsi Vitamin
    Untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita perlu mengonsumsi vitamin seperti contohnya vitamin C. Untuk jenis vitaminya kamu bisa mengunjungi apotek atau bisa minta saran dokter, di era digital saat ini banyak sumber yang dapat jadi pertimbangan kamu untuk memilih vitamin yang tepat dan cocok untuk kamu konsumsi.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tips-tips diatas tidak akan berhasil jika kamu masih kurang memperhatikan pola hidup sehat serta melakukan hal-hal yang merusak tubuh seperti merokok dan meminum alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *