pusing kepala

Plossa.co.id – Mengalami pusing ketika hamil memang sering terjadi, keluhan ini memang menjadi masalah yang kerap menghampiri ibu hamil, rasa pusing yang dirasakan membuat aktivitas sehari-hari menjadi kurang nyaman. Biasanya sebagian wanita akan merasa pusing saat masa kehamilan di awal trimester pertama. Namun pada trimester kedua dan ketiga dapat terjadi karena rahim yang terus membesar dan dapat menekan pembuluh darah.

Lalu bagaimana mengatasi kepala pusing saat masa kehamilan? Berikut ini ada beberapa tips dari Plossa untuk mengatasi atau meredakan rasa pusing saat masa kehamilan.

  1. Istirahat yang cukup
    Bagi ibu hamil memiliki waktu istirahat yang cukup akan sangat bermanfaat, terutama bagi ibu hamil yang sedang mengalami rasa pusing dan mual. Berbaring di ruangan yang tenang serta minim cahaya akan membantu ibu hamil untuk meredakan rasa pusing yang dialaminya.
  2. Pijat
    Memijat lembut pada bagian kepala akan mengurangi rasa pusing bagi ibu hamil, selain dikepala pijatan juga bisa dilakukan di leher atau pundak. Mintalah bantuan suami atau kerabat untuk memijat di area tersebut. Selain itu anda bisa menggunakan Plossa untuk memijat titik-titik yang dapat meredakan rasa pusing anda.
  3. Kompres
    Tips yang lainya adalah bisa dengan mengompres wajah, kening, atau mata dengan handuk yang direndam air hangat, atau dapat juga mengompres bagian belakang leher dengan handuk dingin.
  4. Selektif memilih makanan
    Makanan juga dapat berpengaruh timbulnya rasa pusing atau mual, untuk itu hindarilah makanan yang dapat menjadi pemicu pusing atau mual seperti hindari makanan yang pedas dan banyak lemak yang dapat memicu asam lambung. Lalu mengonsumsi makanan dalam porsi kecil agar tidak kekenyangan yang dapat menjadi pemicu muntah serta hindari makanan yang dapat menusuk indra penciuman yang dapat menjadi pemicu pusing serta mual.
  5. Menjaga asupan air
    Dehidrasi dapat menjadi salah satu pemicu gejala pusing serta mual saat hamil, namun terkadang bagi ibu hamil untuk mengonsumsi air sesuai porsi dirasa sangat sulit karena menganggap banyak minum air akan membuat perut terasa penuh dan akan memicu mual dan muntah. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti perasan lemon atau madu kedalam air. Selain itu mengonsumsi jus buah juga dapat menjadi solusi bagi ibu hamil untuk menjaga asupan air.

Itulah beberapa tips dari Plossa untuk mengatasi kepala pusing saat hamil, bisa kamu praktekan dan semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *