mengatasi leher kaku

Plossa Bermain gadget memang sangat mengasyikkan. Namun jika terlalu lama, bisa saja muncul akibat seperti leher nyeri, kaku, dan bahkan sakit ketika digerakkan. Hal ini mungkin sudah bukan jadi rahasia umum. Tapi walaupun sudah tahu akibatnya, masih banyak orang yang enggan melepas gadget walaupun sudah terlalu lama melihatnya.

Leher kaku memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun dengan kondisi saat ini, penyebab yang seringkali terjadi yakni terlalu lama menatap layar ponsel. Penyakit seperti ini, biasa disebut dengan text next. Penyakit ini, terjadi ketika kamu menekuk leher ke bawah untuk melihat smartphone.

Selain menyebabkan leher kaku, biasanya penyakit lain yang bisa muncul adalah nyeri punggung pada bagian atas, nyeri bahu, migrain, dan juga sakit kepala. Sebenarnya, masalah ini bisa diatasi asalkan kamu mengerti caranya. Nah, pada artikel ini, silakan simak tentang tips mengatasi leher kaku karena terlalu banyak melihat gadget.

Tips Mengatasi Leher Kaku Karena Terlalu Lama Melihat Gadget

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi leher kaku. Silakan gunakan satu cara saja atau lakukan semua cara jika memang satu cara belum cukup. Adapun beberapa tipsnya yakni sebagai berikut:

Menggerakkan Leher ke Atas-Bawah-Kanan-Kiri

Tips pertama untuk mengatasi leher kaku yakni dengan menggerakkan leher ke arah atas-bawah-kanan-kiri. Lakukan cara ini secara perlahan. Pergerakan yang secara tiba-tiba, bukannya menyelesaikan masalah leher kaku, malah memungkinkan kondisi leher jadi tambah parah.

Coba untuk memposisikan leher melihat ke arah bawah. Kemudian, perlahan mengangkat kepala atau melihat ke atas. Selanjutnya, silakan menengok ke arah kanan dan juga kiri.

Pada gerakan setelahnya, silakan miringkan telinga bagian kanan ke arah bahu kanan. Tahan sejenak sekitar 30 ataupun 15 detik. Lakukan hal yang persis pada sisi kiri. Tahan sejenak dan lepaskan. Kemudian, bernapaslah secara rileks. Cara ini mungkin membantumu mengatasi kondisi leher kaku yang sedang dialami.

Jepit Leher

Tips berikutnya yakni dengan jepit leher. Caranya, coba duduk di kursi ataupun di lantai. Kemudian, letakkan telapak tangan ke arah belakang kepala. Posisikan siku keluar ke arah samping.

Setelah itu, arahkan posisi siku ke bagian bawah. Kepala lalu ke depan dengan cara memposisikan dagu ke arah dada. Hindari menarik leher ke bagian bawah. Kemudian, tarik napas dalam-dalam lewat hidung, dan tahanlah selama kurang lebih 30 detik, lalu lepaskan perlahan.

Roll Bahu

Tips selanjutnya untuk mengatasi leher kaku, yakni dengan melakukan roll bahu. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk meregangkan otot trapezius yang ada di sisi belakang leher dengan sisi leher.

Caranya yakni mengatur tubuh pada posisi duduk tegak atau bisa juga berdiri. Setelah itu, bernapas dan gerak secara perlahan. Tarik bahu ke arah telinga dan juga bagian belakang. Silakan ulangi langkah ini sampai 3 kali. Kemudian lakukan pada arah sebaliknya dengan mengulang 3 kali juga.

Mengoles Plossa

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan produk imut yang satu ini. Plossa merupakan produk dari Enesis Grup yang memiliki fungsi 4in1 untuk mengatasi berbagai macam masalah tubuh, termasuk leher kaku.

Caranya, kamu buka tutup plossa kemudian oleskan roll on pada bagian leher yang terasa kaku. Supaya lebih rileks kamu bisa menggunakan ujung tutupnya untuk memijat dan juga kerokan.

Dengan beberapa tips ini, mungkin masalah leher kaku yang kamu alami bisa segera teratasi. Lebih baiknya lagi, berhenti sejenak menatap layar gadget dan mencoba untuk melakukan beberapa peregangan sederhana. Sebab leher yang kaku, merupakan kondisi di mana otot pada leher butuh peregangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *