mengatasi kebas pada tangan

Plossa Semua orang tentunya pernah mengalami yang namanya kebas pada tangan atau kesemutan. Namun, terlalu sering mengalami kebas juga menjadi hal yang perlu diwaspadai. Pasalnya, sering mengalami kebas pada tangan bisa jadi merupakan pertanda dari suatu penyakit. Meskipun biasanya bisa hilang sendiri, namun kebas yang disebabkan oleh penyakit tertentu biasanya berlangsung lebih lama.

Kebas atau dalam dunia medis disebut dengan parestesia bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Mulai dari gangguan saraf, kekurangan vitamin, atau disebabkan karena masalah kesehatan lainnya. Kebas pada tangan tentu menjadi masalah yang mengganggu aktivitas. Untuk itu, kondisi ini perlu ditangani dengan cara yang tepat. Lalu, bagaimana cara mengatasi kebas pada tangan?

Inilah Aneka Cara Mengatasi Kebas pada Tangan

Kompres Dingin atau Hangat

Kebas atau kesemutan bisa disebabkan karena terjadinya peradangan. Oleh karena itu, mengompres tangan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Kompres dingin atau hangat akan membantu meredakan peradangan yang terjadi pada tangan. Dengan begitu, maka kebas yang terjadi bisa segera reda.

Caranya kompres dingin sangat mudah. Cukup siapkan air dingin atau air es dalam sebuah wadah, kemudian rendam jari angan pada air tersebut. Suasana dingin akan membantu merangsang aliran darah di sekitar jari tangan.

Lakukan Peregangan

Kebas pada tangan juga bisa diatasi dengan cara melakukan peregangan sederhana. Cara ini bisa dilakukan kapan saja sepanjang hari. Caranya juga sangat mudah dilakukan, yaitu cukup dengen kepal-kepal tangan kemudian diregangkan sampai lurus kembali.

Gerakan tersebut diulangi sebanyak 5 – 10 kali yang bertujuan untuk mengurangi tekanan pada pergelangan tangan. Dengan rutin melakukan gerakan peregangan seperti ini, maka kebas bisa segera berhenti. Rutinitas ini juga bisa menjadi terapi sederhana untuk meminimalisir munculnya kebas bagi yang sering mengalami hal ini.

Istirahatkan Tangan

Obat kebas paling sederhana yaitu dengan mengistirahatkan jari, pergelangan, dan tangan dari segala aktivitas. Saat kebas mulai terasa, segera hentikan kegiatan yang dapat menyebabkan tangan terasa sakit atau bahkan mati rasa. Istirahatkan tangan selama beberapa saat sampai rasa kebas menghilang. Saat gejalanya sudah membaik, Anda bisa melanjutkan kegiatan kembali.

Gunakan Perban Elastis

Perban elastis bisa menjadi alternatif untuk tangan kebas bagi Anda yang tidak bisa mengistirahatkan tangan secara total karena harus tetap bekerja. Perban elastis akan membantu pergelangan tangan tetap lurus, sehingga akan meringankan tekanan pada saraf-saraf yang ada di sekitar tangan.

Oleskan Plossa Press & Soothe Aromatics

Plossa memiliki kandungan eucalyptus yang berkhasiat untuk meredakan sakit kepala, pegal-pegal dan juga mengatasi hidung tersumbat. Nah, Anda juga bisa mengatasi kebas pada tangan dengan mengoleskan Plossa Press & Soothe Aromatics.

Produk yang diluncurukan oleh Enesis Group ini terbukti ampuh sebagai relaksasi dan juga untuk mengatasi masalah hidung tersumbat karena dilengkapi dengan in healer.

Lakukan Pengobatan

Jika pengobatan rumahan tidak bekerja dengan baik dalam menangani kebas, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengobatan medis. Umumnya, ada dua jenis pengobatan kebas dalam dunia kedokteran, yaitu injeksi steroid dan pengobatan antiinflamasi.

Injeksi steroid dilakukan untuk mengurangi tekanan dan peradangan pada saraf. Sementara itu, pengobatan antiinflamasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan seperti naproxen sodium dan ibuprofen. Obat-obatan tersebut dapat membantu meredakan rasa nyeri pada tangan yang mengalami kebas atau kesemutan. Jenis obat-obatan tersebut juga dapat meredakan pembengkakan yang terjadi akibat peradangan.

Selain melakukan beberapa cara di atas, sangat disarankan bagi Anda untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini sangat penting sebagai upaya untuk menghilangkan kebas dalam jangka panjang. Beberapa gaya hidup sehat yang bisa membantu mengatasi kebas diantaranya adalah olahraga teratur, mengonsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka kebas pada tangan bisa diatasi dengan baik. Jika kebas tidak juga membaik, sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan tindakan medis untuk menyembuhkan kebas sesuai dengan penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *