Kamu punya badan kurus? Nggak pede? Punya badan kurus memang terkadang membuat beberapa orang tidak merasa percaya diri, terutama perempuan. Nah kita ada tips buat kamu nih yang ingin menaikan berat badan karena nggak pede dengan tubuh kurus:

Tips Menaikkan Berat Badan

Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Yang pertama, rajinlah mengonsumsi sayuran. Sayuran termasuk salah satu makanan bernutrisi lho. Tidak ada salahnya ingin berat badan naik namun jangan sampai mengorbankan kesehatan kamu ya. Ingin menaikan badan secara alami bukan berate kamu harus mengonsumsi banyak kalori dan masakan berlemak. Justru kamu harus memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi tinggi seperti sayuran, buah, dan kacang – kacangan

Makan Lebih Sering

Selain memakan makanan bernutrisi, kamu juga harus sering makan. Lebih baik kamu makan lima sampai enam kali sehari daripada makan dengan normal 3 kali sehari. Namun dengan syarat porsinya lebih sedikit.

Minum Jus atau Makan Smoothies

Selain makanan, jus juga bisa membantu kamu menaikan berat badan lho. Jus juga termasuk salah satu cara alami menaikan berat badan. Jika kamu suka yoghurt atau susu, kamu juga bisa lho bikin smoothies untuk sarapan mu. Dua menu ini pas banget buat kamu yang ingin menaikan berat badan karena semakin halus makanannya, semakin mudah nutrisinya diserap oleh tubuh.

Jangan Minum Sebelum Makan

Usahakan jangan minum air sebelum kamu makan untuk menghindari rasa kenyang. Air bisa membuat kamu kenyang dan tentunya mengurangi nafsu makan kamu. Lebih baik kamu minum air saat makan atau 30 menit sesudah makan. Ini akan membantu penyerapan nutrisi pada tubuh lebih baik.

Olahraga

Kata siapa olahraga cuma untuk yang diet? Olahraga dilakukan untuk hidup lebih sehat. Olahraga lah secara rutin, setelah olahraga pasti nafsu makan kamu akan meningkat.

Konsumsi Kalori Tambahan

Setiap orang memiliki tubuh yang berbeda – beda dalam mencerna makanan. Untuk itu konsumsi lah kalori tambahan untuk menaikan berat badanmu. Bagaimana caranya? Kamu bisa menambahkan keju ke atas roti atau makan sup ayam dengan telur dadar. Namun tetap hati – hati ya, mengkonsumsi kalori yang berlebih bisa menyebabkan diabetes lho.

Makan Camilan Sehat

Sering makan bukan berarti kamu harus memakan nasi dan lauknya lebih dari tiga kali sehari. Kamu juga ngemil di sela – sela kegiatan kamu. Misalnya saat kerja, sediakan buah – buahan di meja supaya mudah kamu jangkau.

Selain buah, kamu juga bisa memilih camilan lain yang bernutrisi tinggi seperti kacang kedelai. Hindari makanan yang berminyak ya untuk mengurangi kadar kolestrol.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kamu. Hampir 70% orang berbadan kurus ternyata mengalami kekurangan cairan tubuh. Air sangat diperlukan untuk melancarkan fungsi organ tubuh termasuk lambung dan usus untuk menyerap nutrisi.

Standar konsumsi air yang baik itu adalah 2 liter perhari, Namun banyak orang yang cenderung malas minum air putih karena sering membuat mual dan kenyang lebih awal. Kamu bisa membagi waktu untuk melakukannya yaitu di pagi hari, siang, sore, sampai malam.

Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

Banyak mengonsumsi karbohidrat termasuk cara menaikan berat badan alami. Mengonsumsi karbohidrat akan memicu asupan kalori yang lebih banyak untuk tubuh. Beberapa makanan yang memiliki banyak karbohidrat yaitu nasi, kentang, singkong, gandum, dan tepung. Namun lagi – lagi jangan mengonsumsi secara berlebihan ya.

Cukupi Kebutuhan Lemak

Jangan terlalu banyak, jangan pula terlalu sedikit. Kamu harus mencukupi kebutuhan lemak untuk tubuh kami jika ingin menaikan berat badan. Jika kebutuhan lemakmu cukup dan mengonsumsi makanan bernutrisi, percaya deh pasti berat badanmu akan cepat naik.

Makanan berlemak bisa kamu dapatkan pada kelapa, ikan, jagung, minyak sayur, dan lainnya. Ingat untuk memakannya jangan terlalu banyak, terlalu banyak lemak bisa membuat kamu kelebihan berat badan.

Konsumsi Susu

Yang terakhir, kamu bisa meminum susu untuk menaikan berat badan. Selalu sediakan susu di kulkas, meja kerja, atau lainnya supaya kamu bisa meminumnya saat beraktivitas. Olahan susu lainnya juga bisa kamu konsumsi seperti pudding, yogurt, dan es krim. Kamu juga bisa meminum susu sebagai penutup sesudah makan siang.

Itulah tips menaikkan berat badan buat kamu yang nggak pede dengan tubuh kurus, lakukan dengan semangat ya. Semoga berat badanmu cepat naik dan semakin pede deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *