memilih masker

Plossa Saat ini, pandemi COVID-19 menjadi hal yang harus dihadapi oleh masyarakat. Pandemi yang telah berlangsung hampir dua tahun memaksa masyarakat untuk dapat beradaptasi sehingga bisa tetap menjalankan aktivitasnya sembari mencegah penularan virus COVID-19. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan masker. Pemakaian masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan. Ada banyak jenis masker yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari seperti memilih masker bedah, masker medis,dll.

Saat ini, masker yang direkomendasikan adalah masker medis yang kemudian di double dengan masker kain. Akan tetapi, bagi para pekerja lapangan, jenis masker ini tentu tidak praktis dan membuat sesak. Oleh karena itu, bagi para pekerja lapangan, masker yang direkomendasikan salah satunya adalah masker N95.

Bagaimana Cara Memilih Masker untuk Pekerja Lapangan?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memilih masker N95 yang cocok digunakan bagi para pekerja lapangan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih masker yang cocok bagi para pekerja lapangan.

  1. Memilih masker N95 yang sudah memiliki ijin BPOM

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memilih masker N95 yang baik bagi para pekerja lapangan adalah memilih masker yang sudah berizin BPOM. Mengapa? Saat ini ada banyak merek masker termasuk masker N95 yang tidak memiliki izin BPOM. Merek yang tidak memiliki izin tersebut patut dipertanyakan keaslian dari masker yang digunakan. Selain itu, efektivitas masker juga akan lebih baik dengan masker yang sudah memiliki izin BPOM.

  1. Memilih masker N95 yang memiliki ukuran yang pas

Tips lainnya untuk memilih masker N95 yang cocok digunakan oleh pekerja lapangan adalah dengan menyesuaikan ukuran masker dengan ukuran wajah. Masker N95 akan lebih efektif jika digunakan dengan ukuran yang sesuai. Mengapa? Masker yang ukurannya pas dengan wajah akan mampu menutup mulut dan hidung dengan sempurna. Sehingga, partikel polutan tidak akan ada yang masuk. Hal inilah yang meningkatkan efektivitas dari penggunaan masker.

Cara Menggunakan Masker N95

Setelah memilih masker N95 yang cocok untuk para pekerja lapangan, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah cara menggunakan masker N95 agar bisa menghasilkan proteksi yang baik.

  1. Memastikan bahwa ukuran masker yang digunakan sudah sesuai. Hal ini dilakukan agar masker dapat digunakan secara efektif.
  2. Langkah selanjutnya untuk menggunakan masker adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Hal ini dilakukan agar masker yang digunakan terhindari kontaminasi bakteri yang ada di dalam tangan.
  3. Bagi para pengguna masker N95 tali, mereka harus mengatur posisi garis kawat agar terletak di bawah hidung. Selanjutnya, sisi tali yang ada di bagian kanan dan kiri harus diposisikan di bagian atas kepala. Selanjutnya, masker ditarik ke bawah agar bisa menutupi bagian mulut dan hidung. Kemudian, tali diikat di bawah tengkuk atau belakang leher.
  4. Masker N95 dengan tipe karet akan lebih mudah digunakan karena pengguna hanya perlu mengaitkan tali ke bagian belakang telinga.
  5. Memastikan bahwa masker N95 yang digunakan benar – benar rapat sehingga partikel dan polutan tidak akan masuk ke dalam.
  6. Penggunaan masker N95 akan efektif jika digunakan kurang dari 8 jam. Selain itu, kondisi masker N95 juga harus dijaga agar tidak sobek atau bolong. Jika kondisinya sobek atau bolong, maka masker N95 harus diganti.

Dimasa pandemi sekarang ini baik pekerja lapangan ataupun masyarakat umum diwajibkan menggunakan masker, bahkan pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker dua lapis.

Nah, supaya nafas tidak terasa pengap saat memakai masker maka Anda bisa oles masker dengan Plossa. Kandungan minyak eucalyptus dan bahan aktif cineol memampu menghalau bakteri dan virus menempel di masker, selain itu juga membuat nafas Anda jadi lebih plong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *