tips membersihkan masker kain

Plossa Selama masa pandemi berlangsung hingga saat ini masker menjadi atribut pertama yang wajib kamu pakai saat melakukan berbagai aktivitas. Saat ini sudah banyak sekali jenis makser yang beredar di pasaran, salah satunya masker kain. Banyak orang memilih menggunakan masker kain karena bisa dicuci dan dipakai lagi. Namun kamu harus tahu cara mencuci masker yang benar.

Penggunaan masker sangat penting sekali untuk melindungi diri dan meminimalisir terpaparnya virus corona. Terlebih virus ini sudah mewabah di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Jadi demi menjaga kesehatan kamu harus memakai masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Sejatinya banyak orang yang peduli akan penggunaan masker, namun juga masih banyak yang mengabaikan. Terlebih saat menggunakan masker kain kamu harus memperhatikan kebersihannya.

Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Saat menggunakan masker kain kamu harus tahu cara mencuci yang benar. Hal ini bertujuan agar masker kain tetap bagus dan tidak mudah rusak. Jadi saat digunakan masih bisa melindungi diri secara maksimal.

Sebenarnya cara mencuci masker kain ini hampir sama dengan mencuci pakaian. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar masker yang dicuci bisa bersih dan higienis. Lebih lengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

Menyimpan Masker Kotor pada Kantong Plastik

Saat masker kain sudah kotor atau basah silahkan simpan di kantong plastik. Hal ini bertujuan agar tidak tercampur dengan pakaian kotor lainnya. Namun jangan biarkan terlalu lama kotor agar tidak jamuran.

Merendam Masker dengan Air Panas

Saat mencuci masker silahkan merendam masker kain pada air panas. Penggunaan air panas ini bertujuan untuk membunuh kuman yang menempel pada kain masker. Setelah itu kamu bisa menambahkan deterjen dan rendam selama 5 menit.

Saat mencuci masker, pastikan tidak mengucek masker terlalu kuat karena bisa membuat kain masker cepat rusak. Lakukan saja secara perlahan sampai masker benar-benar bersih.

Membilas Masker dengan Air Mengalir

Setelah direndah dengan air panas dan deterjen, saatnya membilas. Saat membilas silahkan langsung dibawah air mengalir saja. Pastikan tidak ada sisa-sisa deterjen yang menempel pada masker. Apabila proses membilas ini tidak bersih akan menyebabkan bau tidak enak dan saat dipakai terasa tidak nyaman.

Proses Pengeringan Masker Kain

Apabila proses membilas dirasa sudah bersih saatnya kamu menjemurnya langsung di panas matahari. Nah, dengan menjemur langsung akan membuat sisa mikroorganisme jahat yang menempel di masker kain. Kalau memiliki mesin pengering, kamu bisa juga keringkan di mesin pengering.

Jangan menjemur masker di dalam ruangan karena di ruangan tertutup akan menyebabkan masker kain lembab. Kalau lembab menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak. Pastikan menjemur masker kain di bawah sinar matahari. Setelah dijemur kamu bisa setrika masker kain agat tidak ada bakteri dan kuman yang menempel.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membersihkan masker kain yang benar. Nah, dengan mencuci masker kain dengan benar tidak ada lagi bakteri yang menempel. Selain itu kamu akan lebih nyaman saat menggunakannya setiap hari.

Supaya kamu lebih nyaman dan tidak pengap oles masker dengan Plossa Press & Sooth Aromatics. Plossa memiliki kandungan anti bakteri sehingga dapat membunuh virus dan bakteri yang menempel di bagian permukaan masker. Selain itu, kandungan eucalyptus di dalamnya dapat membuat napas jadi plong ketika memakai masker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *