anosmia

Plossa.co.id – Ketika kita mengalami hidung tersumbat sebelah, kita merasa tidak nyaman saat melakukan berbagai aktivitas, belum lagi rasa sesak nafas yang dialami akan mengurangi konsentrasi kita ketika beraktivitas. Hidung tersumbat bisa terjadi pada satu atau dua sisi hidung, keadaan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti alergi, pilek, flu, terjadi iritasi dalam hidung hingga sinusitis. Selain itu hidung tersumbat juga dapat disebabkan oleh penyakit serius seperti peradangan pada hidung, tumor, asma, sekat hidung yang miring dan kelenjar gondok yang membesar.

Saat mengalami hidung tersumbat, banyak yang mengatakan untuk menjaga kelembapan saluran hidung, selain itu kamu bisa mengatasi hidung tersumbat sebelah dengan cara-cara berikut ini:

  1. Mandi dengan air hangat
    Mandi air hangat merupakan salah satu cara terbaik untuk meredakan hidung tersumbat, Uap air dapat membuat lendir  di hidung menjadi encer selain itu juga dapat membantu peradangan. Walaupun tidak secara langsung menghilangkan masalah hidung tersumbat namun mandi air panas dapat membuat kamu menjadi lebih santai dan segar.
  2. Mengkonsumsi air putih yang banyak
    Tubuh kita membutuhkan cairan setiap harinya, terutama saat sedang sakit seperti flu, pastikan untuk rutin minum air putih selama beraktivitas. Air putih juga dapat membantu mengencerkan lendir serta mengurangi tekanan pada sinus, selain itu rutin minum air putih juga dapat membantu mengurangi iritasi, peradangan dan sakit kepala.
  3. Kompres dengan air panas
    Cara lainya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengompres dahi dengan air panas, kamu bisa menggunakan handuk kecil lalu dicelupkan ke dalam air setelah itu posisikan di atas dahi. Cara ini akan membantu mengurangi peradangan dan keluhan hidung tersumbat.
  4. Menggunakan tambahan bantal
    Ketika merasa sesak karena hidung tersumbat gunakanlah tambahan bantal ketika berbaring, Kamu bisa menggunakan tambahan bantal untuk menopang kepala agar membantu pernapasan menjadi lebih mudah. Keadaan posisi kepala yang tinggi akan mendorong lendir mengalir dari hidung serta menghilangkan tekanan berlebih dari kepala yang akhirnya akan membuat tidur menjadi lebih terlelap.
  5. Menggunakan Inhaler
    Ketika kita mengalami hidung tersumbat sebelah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan inhaler. Fungsi alat ini adalah obat hirup yang banyak masyarakat sudah menggunakanya sejak dulu. Aroma yang menyengat dari inhaler akan menembus lendir yang menggumpal. Sehingga terdapat rongga yang terbentuk dan membuat pernapasan kamu menjadi lebih lancar. Salah satu inhaler yang dapat kamu gunakan adalah PLOSSA, tidak hanya inhaler alat serbaguna ini memiliki fungsi lain seperti sebagai roll on, alat pijit dan alat kerokan untuk menghilangkan keluhan lain seperti masuk angin dan sakit kepala.
  6. Mengonsumsi Obat Dekongestan
    Saat cara-cara diatas tidak cukup ampuh untuk menghilangkan hidung tersumbat yang kamu alami, cobalah untuk mengonsumsi obat dekongestan. Obat dengan kandungan ini dapat membantu kamu untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada hidung tersumbat. Obat jenis ini tersedia dalam bentuk obat minum dan obat semprot.

Itulah tips jitu dalam mengatasi hidung tersumbat sebelah, jika masalah hidung tersumbat sebelah anda tidak kunjung sembuh, alangkah baiknya untuk pergi kedokter untuk konsultasi, agar kamu bisa mengetahui apa penyebab utama masalah hidung tersumbat yang kamu alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *