diet sehat

Plossa Diet tidak hanya membahas tentang penurunan berat badan semata. Diet dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh seseorang, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Pola hidup yang sehat, akan berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan tubuh seseorang. Dengan melakukan aktivitas workout atau olahraga selama kurang lebih 5 sampai 10 menit setiap harinya, akan sangat bermanfaat dibandingkan memaksakan diri untuk berolahraga selama berjam-jam. Lalu, bagaimana cara menjalankan diet yang sehat dan benar?

Ini Dia, 5 Cara Diet Sehat yang Benar yang Wajib Kamu Tiru

Kebanyakan orang yang sedang menjalani program diet, mereka lebih sering memilih cara ekstrem untuk menurunkan berat badannya dalam waktu yang singkat. Ada yang melakukannya dengan meminum obat sintetis, menelan lintah atau cacing, bahkan ada yang tetap tidak makan hingga berhari-hari.

Cara-cara diet seperti itu tentu sangat tidak baik dan sama sekali tidak disarankan. Sebagian orang yang melakukan cara tersebut, ada yang berhasil ada pula yang gagal, atau yang paling buruknya adalah menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara diet yang sehat dan benar. Berikut ini akan dibahas 5 cara diet yang sehat dan benar:

  1. Konsumsi makan 3 kali sehari

Banyak sekali orang yang diet dengan cara tidak makan sama sekali, walaupun perut sudah berbunyi tanda ingin diisi. Padahal, cara tersebut sangat tidak tepat dan bukan termasuk diet yang sehat. Diet yang sehat mengizinkan kita untuk makan tiga kali sehari agar dapat beraktivitas dengan lancar. Hanya saja, kurangi porsi makanan dari porsi biasanya. Jadi, perut tetap terisi dan tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi.

  1. Lawan rasa kantuk setelah makan

Jangan langsung pergi tidur setelah selesai menyantap makanan. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang telah kita makan. Saat tidur, tubuh memang tetap bekerja, akan tetapi sebaiknya tetap dalam posisi duduk selama beberapa menit sebelum tidur agar makanan dicerna dengan baik.

  1. Perhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh

Asupan gizi yang seimbang akan sangat membantu kesuksesan program diet yang dijalani. Aktivitas kita tetap bisa dilakukan dengan leluasa dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi pun dapat diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Energi yang dimaksud tidak hanya berkaitan dengan aktivitas fisik, tetapi juga energi secara emosional. Hormon baik akan lebih banyak diproduksi di dalam tubuh, karena tubuh tidak mudah merasa lelah dan dapat terhindar dari rasa stress.

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga sangat dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet. Selain memperkuat otot tubuh, lemak yang tersimpan dalam tubuh juga bisa diubah menjadi sumber cadangan energi. Cadangan energi inilah yang bisa dimanfaatkan tubuh di saat membutuhkan energi dengan jumlah lebih banyak dari kondisi normal. Olahraga yang dilakukan sebaiknya gerakan senam lantai seperti push up, sit up, dan lainnya yang dapat mengencangkan otot di area perut.

  1. Kunyah makanan sebanyak 33 kali

Secara kesehatan, mengunyah yang baik dilakukan sebanyak 33 kali dalam satu suapan makanan. Namun, semakin lama mengunyah, makanan akan terasa hambar. Peran penting dari melakukan kunyahan yang lama adalah membantu makanan agar mudah dicerna dan orang tersebut akan merasa kenyang dalam kurun waktu yang cukup lama. Semakin sedikit kunyahan saat mengkonsumsi makanan, maka tubuh akan mudah merasa lapar kembali. Tentu saja hal tersebut sangat tidak diinginkan bagi yang sedang menjalani program diet.

Itu dia, 5 tips cara diet yang sehat dan tepat. Banyak cara sehat untuk mendapatkan tubuh ideal sesuai keinginan. Jadi, tidak perlu menggunakan cara-cara ekstrem yang bisa menyiksa badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *