tips atasi susah tidur

Plossa.co.id – Pernahkah kamu mengalami susah tidur di malam hari? pasti sangat tidak menyenangkan ya, ketika kamu kurang tidur akan berdampak kepada penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes dan darah tinggi. Memang gangguan susah tidur bisa diatasi dengan obat-obatan namun perlu resep dokter untuk mengkonsumsi obat tidur tersebut. Nah berikut ini ada 5 tips mengatasi susah tidur secara aman.

  1. Coba atur jam tidur kamu saat sudah mengantuk
    Mungkin banyak orang yang mengatur jam tidurnya di jam 7-8 malam, namun terkadang sibuknya rutinitas menjadi hambatan kamu untuk bisa tidur di jam segitu, selain itu ketika kamu akan tidur kamu hanya berbaring dan sulit untuk memejamkan mata. Solusinya kamu perlu mengatur waktu tidur kamu ketika kamu sudah benar-benar mengantuk, tapi jangan larut malam juga ya, sebagai contoh kamu benar-benar mengatuk sekitar pukul 9 maka biasakan bersiap-siap untuk tidur sekitar jam 9, secara tidak langsung tubuh kamu seakan memberi alarm untuk tidur di jam tersebut.
  2. Buat suasana kamar menjadi nyaman
    Tips yang kedua adalah membuat suasana kamar kamu menjadi senyaman mungkin, contohnya mungkin kamu dapat tidur di tempat yang gelap, maka kamu bisa mematikan lampu agar kamu merasa nyaman, contoh lainya jika kamu tidak nyaman tidur karena suhu di kamar kamu terlalu panas atau dingin kamu bisa menyalakan atau mematikan pendingin udara.
  3. Batasi waktu tidur siang
    Aktivitas tidur siang itu memang tidak dilarang, tetapi, kamu perlu memperhatikan waktu tidur siang kamu, waktu tidur siang yang terlalu lama apalagi mepet dengan jam-jam terlalu sore bisa membuat kamu susah tidur, coba batasi waktu tidur kamu sekitar 30 – 45 menit dan bisa kamu lakukan  sebelum jam 3 sore.
  4. Kurangi Konsumsi kafein
    Kopi atau kafein dapat membuat kamu susah untuk tidur, biasanya seseorang meminum kopi ketika sedang ada pekerjaan tambahan atau lembur, namun bagi kamu yang ingin bisa tidur cepat coba hindari minuman yang mengandung kafein, minuman yang mengadung kafein tidak hanya kopi, tetapi minuman the, minuman bersoda dan berenergi juga mengadung zat kafein.
  5. Kurangi bermain gadget
    Untuk anak zaman sekarang pasti sangat sering bermain gadget, bahkan ada yang bermain gadget hingga larut malam, hal ini tentu menggangu jam tidur kamu dan kebiasaan seperti ini akan membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur malam. Jadi jika ingin tidur cepat usahakan untuk tidak menyentuh gadget kamu, atau kamu akan sulit tidur karena blue light pada gadget akan membuat seseorang menjadi sulit tidur.

Nah tips terakhir adalah dengan melakukan pijatan dengan menggunakan Plossa, pijatan-pijatan sebelum tidur akan membuat tubuh kamu menjadi relax dan cepat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *