sakit kepala karena stress

Plossa Mungkin kamu pernah mengalami kondisi dimana tagihan menumpuk, rumah berantakan, dipecat dari pekerjaan, sampai diputusin pacar. Pasti stress banget, ya!

Stress yang terus bergejolak dapat memicu timbulnya sakit kepala, terkadang rasa sakit yang dirasakan seperti ditusuk-tusuk, bahkan ada yang sampai pingsan juga lho. Lalu, bagaimana cara menghilangkan sakit kepala karena stress yang tepat?

Penjelasan Secara Medis

Sebenarnya, sakit kepala yang timbul ini akibat hormon stress seperti adrenalin, norepinefrin dan kortisol dalam jumlah yang cukup besar mematikan beberapa fungsi sistem tubuh yang tidak dibutuhkan.

Nah, diwaktu yang sama detak jantung meningkat drastis akibat pengaruh dari hormone kortisol dan adrenalin. Darah yang dipompa oleh jantung ini hanya mengalir ke tubuh bagian bawah yang dapat memberikan respon fisik dengan cepat seperti kaki dan tangan.

Karena yang dialirkan darah dengan hanya tubuh bagian bawah, maka bagian otak tidak mendapat asupan darah yang cukup sehingga mengalami penurunan. Bukan itu saja, stress juga dapat membuat otot kepala menjadi tegang lho, itulah mengapa ketika stress menyerang kepala terasa seperti ditusuk-tusuk.

Kebanyakan orang menganggap, sakit kepala yang dirasakan itu hanyalah sakit kepala biasa atau sekedar migrain. Perbedaannya, pada sakit kepala akibat stress dirasakan diseluruh bagian kepala tanpa berdenyut, sedangkan migrain dirasakan pada bagian kepala tertentu saja dan juga terasa berdenyut.

Selain itu, penderita sakit kepala karena stress ini biasanya lebih sensitive seperti tidak bisa mendengar suara berisik, melihat cahaya yang terang dan naik turun tangga.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Kepala Karena Stress

Buat kamu yang mungkin saat ini sedang merasakan sakit kepala karena stress bisa mencoba beberapa tips berikut ini :

  • Kompres menggunakan es batu pada otot leher dan kepala yang terasa sakit
  • Menggerakan kepala ke kanan dan kiri serta diputar perlahan supaya otot kepala menjadi lebih rileks
  • Duduk dengan posisi tegak dan tenangkan pikiran
  • Makan buah-buahan yang segar dan manis
  • Melakukan meditasi dan pengolahan napas
  • Mengoleskan Plossa press & soothe aromatic ke bagian tengah kepala dan juga leher. Kamu juga bisa memberikan sedikit tekanan atau kerokan mengguankan bagian tutup Plossa.

Jika semua cara diatas sudah dicoba tapi sakit kepala masih terus berlanjut, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Ingat lho, Stress itu berasal dari pikiranmu dan yang bisa mengatasinya ya cuma kamu sendiri. Be Strong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *