skripsi dei tengah pandemi

Plossa.co.id – Situasi pandemi saat ini membawa keadaan yang sulit untuk siapapun, tidak terkecuali untuk para pejuang skripsi, banyak rintangan yang mereka alami untuk menyelesaikan skripsi, mulai dari sulitnya mencari data untuk keperluan penulisan ataupun kesulitan untuk bertemu dengan dosen untuk bimbingan.

Bimbingan secara online pun dirasa kurang efektif untuk dijadikan solusi, karena ketika bimbingan online perlu adanya akses internet, dan untuk para mahasiswa akhir ini bisa menjadi masalah baru, karena mereka perlu biaya tambahan lagi untuk membeli kuota atau paket. Selain itu situasi ekonomi yang sulit saat pandemi membuat beberapa orang tua membatasi uang saku untuk anaknya yang sedang skripsi.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk mahasiswa, mental dan karakter mereka benar-benar di uji, jika mereka menyerah tentu masih tahun depan namun waktu menjadi terbuang, yang tadinya mereka bisa mencari pekerjaan tahun ini, jadi terhambat karena harus kembali mengerjakan skripsi.

Hal ini tentu menjadi sensasi berbeda buat mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi, berikut ini ada beberapa tips menjaga semangat para mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi di tengah pandemi.

  1. Buatlah Suatu Motivasi
    Buatlah suatu motivasi untuk menjaga semangat kamu dalam menyelesaikan skripsi, contohnya kamu ingin membuat orang tua kamu bangga karena anaknya lulus kuliah, motivasi ini akan menjadi suatu hal yang membuat kamu bangkit, ketika kamu dalam kesulitan atau bahkan menyerah menyelesaikan skripsi.
  2. Rajin Konsultasi Dengan Dosen
    Ada beberapa mahasiswa yang jarang konsultasi dengan dosen, hal ini justru akan mempersulit ketika menemui masalah dalam proses menyelesaikan skripsi, dalam situasi pandemi seperti ini kamu dapat menghubungi dosen melalui aplikasi online, kamu bisa chat atau telp dosen untuk berkonsultasi mengenai masalah yang ditemui.
  3. Kesulitan Dana? Coba pinjam ke keluarga atau teman
    Jika kamu mengalami kesulitan dana saat proses skripsi, dan orang tuamu juga kesulitan, kamu bisa mencoba untuk meminjam uang ke kerabat atau teman,  kamu coba yakinkan mereka untuk meminjamkan uangnya untuk keperluan skripsi kamu. Jika mereka yakin dengan ucapanmu maka mereka akan memberikanmu pinjaman.
  4. Buatlah Deadline Sendiri
    Membuat deadline sendiri adalah salah satu cara untuk tidak membuat skripsi kamu menjadi molor, dengan deadline yang sudah jelas, kamu akan berusaha untuk menyelesaikan skripsi secara tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *