daya tahan tubuh

Plossa.co.id – Pada masa pandemi seperti sekarang ini imunitas memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh kita dari paparan virus Covid-19. Selain itu tubuh kita juga memerlukan imunitas dalam mengembalikan kondisi tubuh kita pasca terpapar penyakit. Lalu apakah fungsi imunitas atau kekebalan tubuh? Berikut ini adalah penjelasanya.

  • Sistem pertahanan tubuh
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi fungsi utama imunitas adalah berperan sebagai sistem utama pertahanan tubuh, sistem ini bekerja dengan memperbanyak jumlah sel darah putih (leukosit) serta membentuk antibodi. Jika sistem pertahanan ini berjalan dengan semestinya maka sistem pertahanan tubuh kita akan baik dan terhindar dari paparan virus, sebaliknya jika tidak berjalan dengan baik akan mengakibatkan kondisi tidak normal serta memicu beberapa gejala seperti alergi serta infeksi berulang.
  • Berperan dalam homeostasis
    Imunitas memiliki fungsi dan peran lain yaitu homeostasis yaitu peran yang terkait dengan membuang sel-sel dalam tubuh yang rusak atau mati yang diakibatkan oleh sakit serta penuaan. Jika homeostasis tidak berfungsi dengan normal maka dapat mengakibatkan penyakit autoimun.
  • Mengawasi sel tidak normal

Peran selanjutnya dari imunitas adalah berperan mengawasi sel-sel tidak normal dalam tubuh, sel-sel tidak normal itu bisa muncul karena terkena virus atau zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. Jika sistem pengawasan dari imunitas tidak bekerja dengan baik akan menimbulkan penyakit seperti leukimia dan limfoma.

Itulah beberapa peran imunitas dalam tubuh kita, sangat pentingnya peran imunitas membuat kita harus mengetahui tanda-tada imunitas kita melemah, berikut ini adalah beberapa tanda-tanda sistem daya tahan tubuh kita sedang melemah.

  • Warna urine tidak jernih
  • Mudah lelah dan sakit
  • Berat badan mudah naik
  • Stres berkelanjutan

Selain kita perlu mengetahui tanda-tanda melemahnya imun kita perlu juga mengetahui penyebab melemahnya sistem imun, berikut ini adalah penyebab-penyebab terganggunya sistem imun. Dimulai dari stress, kurang berolahraga, pola makan yang buruk, kurangnya waktu tidur hingga tidak menjaga kebersihan diri. Oleh sebab itu untuk menjaga sistem imun kita tetap berjalan baik ada beberapa hal yang perlu kita lakukan diantaranya adalah: Menjaga pola makan, rutin berolahraga serta mampu mengatur waktu istirahat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *