penyebab tubuh sering masuk angin

Plossa Bisa dibilang hampir semua orang pasti pernah mengalami kondisi yang dikenal dengan masuk angin. Kondisi ini merupakan gangguan atau masalah pada tubuh karena suatu penyakit atau menurunnya imunitas tubuh.

Daya tahan tubuh seseorang tentunya berbeda-beda, itulah mengapa ada orang yang jarang sekali masuk angin tapi ada juga yang sering masuk angin. Kira-kira apa penyebab tubuh sering masuk angin? dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak infonya berikut ini.

Penyebab Tubuh Sering Masuk Angin dan Cara Mengatasinya

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tubuh mengalami masuk angin. Walaupun dalam arti yang sebenarnya masuk angin ini tidak berarti terkena hujan atau angin yang masuk ke tubuh. Keluhan masuk angin ini biasanya terjadi karena daya tahan tubuh yang sedang menurun. Yang kemudian tubuh pun rentan terkena bakteri/virus.

Kondisi tersebut sering dihubungkan dengan musim atau cuaca seperti musim dingin atau musim hujan. Walaupun belum tentu dari musim/cuaca tersebut. Saat musim hujan biasanya sinar matahari tidak sering muncul sehingga produksi vitamin D pun berkurang. Sedangkan vitamin D ini memiliki peran dalam daya tahan tubuh.

Ketika daya tahan tubuh menurun maka dapat menimbulkan beberapa gejala seperti tubuh menggigil, batuk, nyeri otot, demam, dan lain sebagainya. Jadi, penyebab tubuh sering masuk angin disebabkan oleh imun atau daya tahan tubuh yang menurun. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi atau meredakan masuk angin bisa dengan langkah berikut:

  • Banyak minum air putih, khususnya untuk Anda yang mengalami diare/muntah. Supaya tidak dehidrasi sebagainya banyak minum air putih.
  • Minum air hangat, yang juga akan membantu melegakan gejala pada infeksi saluran pernapasan. Air hangat ini bisa dicampur dengan jahe, madu, atau jenis rempah lainnya.
  • Istirahat yang cukup juga sangat penting ketika Anda masuk angin. Karena cara ini bisa membantu melawan infeksi virus/bakteri yang masuk.
  • Tidak mengonsumsi kafein, rokok, atau alkohol.
  • Minum obat penurun demam dan pereda nyeri.

Secara umum masuk angin ini bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi hal itu akan mengganggu aktivitas Anda dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Karena itu lebih baik untuk mencegah masuk angin agar dapat terhindar dari penyakit tersebut/ Hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah:

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi yang mengandung antioksidan, vitamin A dan C, protein, dan sebagainya.
  • Olahraga teratur.
  • Istirahat dan juga tidur yang cukup.
  • Biasakan diri untuk selalu mencuci tangan dengan sabun baik dengan handsanitizer ataupun dengan air yang mengalir. Cuci tangan Anda setiap sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Misalnya setelah makan, setelah dari toilet, setelah menyentuh binatang peliharaan, dan sebagainya.
  • Gunakan pakaian tebal dan hangat seperti misalnya jaket ketika musim dingin tiba.

Beberapa penyebab sering masuk angin masih bisa dicegah asalkan tubuh dijaga dengan baik. Namun jika sudah terlanjur maka bisa diatasi dengan cara yang ada diatas. Nah, biasanya masyarakat Indonesia punya metode khusus untuk mengatasi masuk angin yaitu dengan cara kerokan.

Metode kerokan ini biasanya menggunakan koin logam dan terasa agak sakit. Ada cara kerokan yang nyaman tanpa terasa sakit yaitu menggunakan Plossa Press & Sooth Aromatics. Caranya sangat mudah, oleskan roll on Plossa pada bagian tubuh yang akan dikerok, kemudian gunakan bagian samping tutupnya yang bentuknya mirip kuping untuk mengerok. Pasti terasa enak dan nyaman banget saat dikerok.

Masalah? Plossa-in Aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *