sakit kepala saat haid

Plossa.co.id – Rasa sakit kepala dapat muncul kapan saja, tidak terkecuali bagi para wanita yang sedang memasuki masa haid. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab rasa sakit kepala saat haid salah satunya adalah perubahan hormon. Biasanya sakit kepala saat haid dapat terjadi saat dua hari menjelang haid hingga tiga hari setelah haid berakhir. Dan jika dilihat dari sisi usia bisa menyerang kalangan wanita dari saat masa remaja hingga saat menjelang menopause.

Lalu apakah penyebab sakit kepala saat haid? Berikut penjelasanya:

  1. Perubahan hormon
    Seperti yang dijelaskan tadi bahwa perubahan hormon dapat menjadi pemicu sakit kepala saat haid, terjadinya penurunan hormon estrogen serta progesterone saat sebelum haid dapat mempengaruhi senyawa kimia yang ada di dalam otak. Akibatnya timbul rasa sakit kepala saat haid.
  2. Kehilangan darah
    Penyebab lain sakit kepala saat haid adalah karena berkurangnya darah saat haid. Menurut para ahli saat haid wanita rata-rata mengeluarkan 30 mililiter atau dua sendok makan darah setiap bulan. Namun kehilangan darah ini tidak mengakibatkan gejala tertentu, terkecuali bagi wanita yang memiliki riwayat penyakit anemia atau kekurangan zat besi dapat mengalami sakit kepala saat menstruasi. Keluarnya darah dari tubuh dapat mengakibatkan sel-sel darah merah berkurang, dan sel darah merah inilah yang membawa asupan oksigen kedalam tubuh.
  3. Terjadinya kram
    Saat masa menstruasi pasti wanita pernah mengalami kram atau rasa sakit di perut. Kram terjadi karena adanya kontraksi pada rahim wanita. Timbulnya kram biasanya normal terjadi bagi para wanita yang sedang mengalami masa menstruasi namun nyeri atau kram dapat juga menjadi pemicu kepala pusing saat menstruasi.  Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus dan menganggu aktivitas sehari-hari sebaiknya kamu menemui dokter untuk konsultasi.

Cara mengatasi sakit kepala saat haid

Ada beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala saat haid, dan berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

  1. Kelola Stres
    Seperti yang kita ketahui bersama salah satu penyebab sakit kepala adalah tingkat stres yang tinggi. Dan hal ini dapat menambah parah saat masa menstruasi, mengelola stres adalah salah satu solusi, kamu bisa melakukan berbagai cara seperti mulai aktif berolahraga, melakukan meditasi, menghirup udara segar hingga hobi yang menyenangkan.
  2. Kompress dengan air dingin
    Untuk meredakan nyeri kamu bisa mengompres area yang sakit dengan air dingin pada area leher atau kepala yang mengalami nyeri.
  3. Menghirup aromatherapy saat pusing
    Saat pusing menyerang kamu dapat menggunakan aromatherapy untuk membuat kondisi menjadi lebih segar. Salah satu aromatherapy yang dapat kamu gunakan adalah Plossa, karena Plossa adalah produk serbaguna yang dapat membantu meredakan sensasi sakit kepala secara mudah dan murah.
  4. Kurangi makanan atua minuman pemicu sakit kepala
    Sakit kepala dapat dipicu oleh makanan atau minuman seperti yang mengadung MSG, alkohol atau kafein. Selain itu kamu juga perlu membatasi makanan yang mengadung tyramine tinggi seperti buah alpukat, pisang serta makanan yang mengadung coklat .
  5. Kurangi konsumsi garam
    Mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung garam juga dapat menjadi solusi meredakan sakit kepala, karena mengonsumsi garam secara berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat dan akhirnya menimbulkan sakit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *