penyebab migrain sering kambuh

Plossa.co.id – Apakah kamu pernah mengalami migrain? Migrain adalah salah satu serangan sakit kepala sebelah yang cukup mengerikan dan sangat menganggu. Tanda seseorang mengalami migrain adalah munculnya rasa sakit di kepala seperti terhantam benda keras selain itu kepala seperti berdenyut yang membuat menjadi kurang nyaman. Seseorang yang mengalami migrain akan disertai gangguan lain pada panca indra yang dimiliki serta mengalami masalah gangguan pencernaan.

Ada beberapa penyebab sering muncul dan berikut ini adalah beberapa penyebab migrain yang kamu perlu ketahui.

  1. Konsumsi makanan dan minuman tertentu
    Jika kamu sering mengalami migrain, kamu perlu mengetahui makanan atau minuman apa yang sering kamu konsumsi, cobalah hindari makanan atau minuman yang mengandung bahan seperti dibawah ini:

    – Mengandung pemanis buatan (aspartam)

    – Mengandung MSG (mecin)

    – Terlalu banyak mengadung garam

    – Daging yang terlalu lama diawetkan

    – Makanan olahan

    – Keju dan produk yang mengadung susu

    – Cokelat hitam (dark chocolate

    – Makanan atau minuman yang mengadung kafein

    – Minuman beralkohol

    Dari daftar diatas dapat kita lihat kandungan makanan atau minuman apa yang sering kita konsumsi, seperti contohnya MSG, garam,alkohol,pengawet dan kafein adalah beberapa kandungan makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi orang banyak. Kandungan-kandungan tersebut dapat mempengaruhi sistem saraf pusat serta pembuluh darah pada otak, dampaknya adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

  2. Perubahan cuaca yang ekstrem
    Belum banyak yang tahu secara lengkap apa yang menjadi faktor utama penyebab migrain, tetapi sudah banyak ilmuwan yang melakukan penelitian dan menyimpulkan bagian otak seseorang yang mengalami migrain cenderung lebih sensitive akan perubahan cuaca. Para ilmuwan belum mendapatkan penjelasan secara pasti bagaimana perubahan cuaca dapat menyebabkan migrain, tetapi mereka memiliki  dugaan bahwa perubahan tekanan udara merupakan akibat dari cuaca yang terus silih berganti dan dapat menimbulkan sakit kepala.
  3. Perubahan hormon
    Wanita memiliki potensi sebanyak tiga kali lebih besar mengalami migrain akibat perubahan hormon dibanding pria, perubahan hormone estrogen dipercaya menjadi faktor penyebab migrain khususnya bagi wanita. Estrogen mengatur senyawa kimia di otak yang mengatur rasa sakit. Penurunan kadar estrogen dapat menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.
  4. Paparan cahaya
    Pancaran sinar atau cahaya adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan migrain, beberapa sumber cahaya yang dapat menyebabkan migrain diantaranya adalah sinar buatan seperti lampu neon, lampu kedip, lampu strobe, lampu hias hingga intensitas berlebih dari cahaya sinar matahari serta pantulanya yang dapat membuat penderita migrain menjadi sulit beraktivitas baik di dalam ataupu di lingkungan luar.
  5. Stress
    Stress bisa dikatakan menjadi pemicu utama seseorang sering mengalami migrain, banyak faktor penyebab stress diantaranya dari masalah kehidupan pribadi hingga pekerjaan, namun uniknya stress secara emosional juga dapat terjadi pada saat yang menyenangkan serta membahagiakan, selain itu stress juga dapat terjadi akibat mendengar suara yang keras dan suara bising yang dapat memperparah migrain. Saat seseorang mengalami stress akan melepaskan kandungan-kandungan kimia yang berdampak pada perubahan fungsi tubuh, seperti penyempitan pembuluh darah di otak dan ketegangan otot,  Stress juga dapat menganggu pola makan dan pola tidur kamu, kamu bisa menjadi kurang tidur atau sering tidur atau juga bisa sering lupa makan dan kurang minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *