penyakit yang menyebabkan hidung tersumbat

Plossa Mungkin kamu pernah mengalami kondisi dimana hidung sulit bernapas atau mencium bau karena adanya penyumbatan. Hidung tersumbat bisa terjadi karena jaringan yang ada pada hidung mengalami gangguan. Misalnya karena polusi udara baik dari asap rokok atau asap kendaraan. Selain itu, ada juga beberapa jenis penyakit yang menyebabkan hidung tersumbat.

Inilah Beberapa Penyakit yang Menyebabkan Hidung Tersumbat

Batuk dan Pilek

Penyakit utama yang sering membuat hidung menjadi tersumbat adalah batuk dan pilek. Batuk pilek bisa disebabkan oleh masuknya benda asing seperti misalnya kotoran ke dalam tubuh. Bisa juga disebabkan oleh peradangan/infeksi, yang terjadi di saluran napas atas.

Saluran napas bagian atas adalah hidung dengan tenggorokan. Ketika mengalami pilek maka biasanya hidung pun akan tersumbat. Namun jangan khawatir, karena pilek ini bisa sembuh dengan sendirinya sekitar 7 – 10 hari kemudian.

Sinusitis Akut

Sinusitis akut biasanya akan terus berkembang menjadi batuk dan juga pilek. Sinusitis juga bisa sembuh sendiri seperti pada pilek yang biasanya. Kurang lebih dalam waktu 10 hari. Ketika sinusitis terjadi jaringan yang terdapat dalam hidung pun akan membengkak dan meradang. Maka rongga hidung akan menjadi sempit.

Ditambah lagi dengan meningkatnya produksi lendir. Itulah yang pada akhirnya membuat hidung menjadi tersumbat. Maka secara tidak langsung sinusitis juga menjadi salah satu penyebab dari tersumbatnya hidung.

Flu

Ada beberapa penyebab hidung tersumbat dan salah satunya adalah flu. Flu atau yang juga dikenal dengan influenza disebabkan oleh serangan virus. Dan virus ini akan menyerang area pernapasan, misalnya paru-paru, tenggorokan dan juga hidung. Flu juga bisa sembuh dengan sendirinya, tapi akan menjadi berbahaya jika terjadi komplikasi akibat flu.

Alergi

Penyebab lainnya yang juga membuat hidung tersumbat adalah alergi. Jika penderita alergi ini terkena zat penyebab alergi maka reaksinya adalah hidung tersumbat. Selain itu, ada juga reaksi lainnya seperti sistem pernapasan yang terganggu. Saat itu produksi lendir pun akan meningkat di area rongga hidung. Kemudian terjadilah bersin secara terus menerus lalu pilek, dan hidung pun menjadi tersumbat.

Rhinitis Non-alergi

Penyebab lainnya yaitu Rhinitis Non-alergi, yang disebabkan oleh paparan obat atau bau-bauan tertentu. Paparan inilah yang membuat peradangan terjadi lalu bersin-bersin, lendir di hidung meningkat, dan muncullah gejala hidung mampet. Hal ini memang hampir sama dengan akibat dari reaksi alergi.

Namun pada alergi penyebabnya lebih jelas karena disebabkan oleh hal yang sudah pasti. Sedangkan pada non-alergi penyebabnya lebih beragam dan lebih luas lagi. Dan reaksi yang dihasilkan pun kurang lebih sama.

Penyakit yang menjadi penyebab hidung tersumbat ini bisa diatasi dengan mudah. Ketahui penyakitnya terlebih dulu barulah mengobatinya sesuai jenis penyakit tersebut. Dengan demikian Anda bisa menemukan cara pengobatan yang tepat.

Namun, jika Anda mengalami anosmia atau gangguan indra penciuman maka bisa diatasi menggunakan Plossa Press & Sooth Arimatics. Kandungan eucalyptus pada plossa dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan pada saluran hidung sehingga napas menjadi lega.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *