pegal sehabis bersepeda

Plossa.co.id – Akhir-akhir ini bersepeda menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan, acara seperti Car Free Day  yang diadakan setiap akhir pekan sangat ramai oleh para masyarakat yang menggunakan sepeda. Rasa sakit atau pegal terkadang muncul setelah habis bersepeda, umumnya banyak masyarakat yang kurang mengetahui penyebab rasa sakit atau pegal dan bagaimana cara mengurangi rasa nyeri tersebut, dan berikut ini adalah beberapa tips untuk meredakan pegal saat habis bersepeda.

  1. Memakan cemilan mengandung protein sehabis bersepeda
    Setelah bersepeda cobalah memakan makanan seperti cemilan yang mengadung protein, mengkonsumsi protein akan mengembalikan sel-sel dalam otot, yang selanjutnya akan membantu tubuh memperbaiki otot yang nyeri secara cepat, Contohnya kamu bisa memakan roti dengan selai kacang atau memakan kacang almond.
  2. Pemanasan sebelum bersepeda
    Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum berolahraga, tidak terkecuali ketika ingin bersepeda, lakukanlah pemanasan sekitar 10-15 menit untuk meregangkan otot.
  3. Ketika terasa nyeri, segera istirahat
    Ketika kamu sedang bersepeda namun kamu merasa nyeri pada ototmu sebaiknya segeralah istirahat, hal itu bisa jadi karena otot kamu tegang atau kamu mengalami keseleo, jika rasa nyeri tidak cepat hilang jangan lakukan olahraga berat sampai rasa sakit menghilang.
  4. Kompress area tubuh yang sakit dengan es
    Kamu bisa mengompres area yang sakit dengan air es selama 15 menit selama tiga kali sehari, mengompres bagian yang nyeri akan membantu kamu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri, jika kamu tidak memiliki kompres es, bisa menggunakan handuk yang diberi es batu.
  5. Lakukan Pendinginan dengan hati-hati
    Banyak yang mengatakan pendinginan bisa mengurangi rasa nyeri, namun jika tidak dilakukan dengan hati-hati akan memperburuk kondisi otot.  Kamu bisa melakukan latihan pendinginan dengan hati-hati selama 15 menit.
  6. Perhatikan penempatan bagian tubuh yang sakit
    Tempatkanlah bagian tubuh yang sakit, lebih tinggi dari jantung kamu, contohnya menaruh kaki atau tangan di atas batal ketika duduk atau berbaring, hal ini bisa mengurangi rasa nyeri dan mencegah pembengkakan.
  7. Redakan nyeri dengan Plossa Eucalyptus
    Salah satu manfaat eucalyptus adalah mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi, yang terjadi pada punggung atau cedera sendi dan otot, hal ini dikarenakan extrak eucalyptus bertindak sebagai pereda nyeri yang bersifat analgesik. Plossa Eucalyptus mengandung khasiat daun eucalyptus yang dapat meredakan rasa nyeri, kamu bisa mengoleskan Plossa Eucalyptus pada bagian yang nyeri. Selain itu kamu bisa menghirup aromaterapi yang ada di dalam Plossa untuk membuat diri kamu menjadi lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *