Siapa yang nggak kenal dengan Jogja? Kota yang selalu padat oleh pengunjung saat liburan. Jogja atau Yogyakarta merupakan kota dengan destinasi wisata utama bagi masyarakat Indonesia. Namanya saja Daerah Istimewa Yogyakarta, ini menggambarkan betapa istimewanya kota yang berada di Jawa Timur ini.

Objek Wisata di Jogja yang Harus Kamu Kunjung Pas Liburan

Nah buat kamu yang ingin liburan ke kota yang masih memiliki kerajaan ini, berikut objek wisata di jogja yang harus kamu kunjungi:

Candi Borobudur

Candi Borobudur sudah sangat dikenal oleh dunia. Perlu kamu ketahui bahwa candi ini masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO loh, keren kan. Ini merupakan candi budha terbesar sekaligus terlengkap di dunia.

Walaupun sebenarnya candi ini masuk ke dalam wilayah Magelang, Jawa Tengah. Tapi wisatawan yang liburan ke jogja sering memasukan candi Borobudur ke dalam list yang akan mereka kunjungi. Itulah mengapa candi ini termasuk ke dalam wisata di jogja

Candi Borobudur berada di sekitar 40 KM ke barat laut dari Yogyakarta, candi ini selalu menjadi pilihan utama turis dalam maupun luar negeri.

Candi Prambanan

Selain candi Borobudur, terdapat juga Candi Prambanan. Berada 17 KM dari kota Yogyakarta, candi prambanan merupakan candi hindu terbesar di Indonesia.

Di Candi ini juga menampilkan pertunjukkan Rama Shinta. Di hari biasa pertunjukan ini biasanya diadakan di dalam ruangan, namun saat malam bulan purnama pertunjukkan hampir selalu diadakan di ruang terbuka dengan Candi Prambanan sebagai latarnya.

Tidak sulit kok untuk menuju ke sini, kamu hanya perlu menaiki transportasi umum untuk sampai ke sini. Kamu juga bisa membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke sini. Tempat ini masih menjadi objek wisata favorit walaupun banyak wisata baru yang bermunculan.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan jalan paling terkenal di Yogyakarta. Di sepanjang jalan ini kamu dapat menemukan toko – toko dan pedagang kaki lima yang menjual barang seperti pakaian, kerajinan tangan, hingga makanan. Yang paling khas dari Malioboro ini adalah penjual makanan angkringan atau lesehan.

Penjual makanan ini biasanya buka saat jam 5 sore. Di jalan Malioboro ini, semakin malam malah semakin ramai karena di beberapa sudut ada beberapa pemusik jalanan yang siap menghibur pengunjung dengan lantunan mereka.

Jalan Malioboro selalu menjadi daya Tarik tersendiri untuk dikunjungi. Selain memiliki suasana jalan yang unik, kamu bisa berjalan – jalan santai di sini. Jalan ini juga menjadi spot foto yang instagrammable banget buat kamu yang anak sosialita.

Keraton Yogyakarta

Objek wisata lainnya di kota ini yaitu Keraton Yogyakarta. Keraton ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ditempati oleh Sultan beserta keluarganya. Di keraton ini kamu bisa melihat barang – barang kesultanan yang dipajang mulai dari barang rumah tangga sampai barang unik hadiah dari raja Eropa.

Jika kamu ingin ke sini, waktu terbaik adalah pagi hari karena tempat ini hanya buka sampai jam 2 siang. Kamu bisa menyewa pemandu untuk menjelaskan dengan detil tentang arsitektur dan sejarah keraton.

Pantai Indrayanti

Sekarang bergeser ke objek wisata bernuansa alam. Yang pertama adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini memiliki pasir putih bersih khas pantai selatan, pemandangan yang indah, dan fasilitas yang lengkap. Tidak heran pantai ini jadi salah satu tujuan wisata pantai di Jogja yang cukup populer.

Lokasinya juga tidak jauh dengan pantai – pantai populer lainnya. Jadi kamu bisa mampir ke objek wisata lain yang lokasinya berdekatan dengan pantai ini.

Pantai Nglambor

Kamu punya hobi snorkeling? Wajib mampir ke pantai Nglambor. Pantai ini berbeda dengan pantai lain di Jogja, di pantai ini terdapat laguna dengan air yang cukup tenang. Keindahan alamnya bisa kamu nikmati sambal snorkeling di sini.

Banyak spot foto menarik juga loh di sini. Kamu bisa menyebrang ke pulau kecil dengan jembatan tali sambal uji nyali. Pantai ini salah satu objek wisata yang wajib banget kamu kunjungi.

Pantai Pok Tunggal

Pantai pok tunggal berlokasi dekat dengan pantai indrayanti. Pantai ini juga wajib kamu kunjungi karena memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai lainnya. Walaupun fasilitasnya belum lengkap, tapi sepadan dengan pemandangan indah yang kamu dapatkan.

Pantai Parangtritis

Kamu tau Pantai Parangtritis? Wah kalua nggak tau kebangetan banget. Pantai ini merupakan pantai paling terkenal loh di Jogja. Pantai ini memiliki ombak laut yang cukup besar, kamu juga bisa main paralayang di Bukit Parangdong. Pantai ini berjarak 25 KM dari kota Yogyakarta. Dari fasilitasnya saja sudah tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke sini.

Goa Jomblang

Dari pantai kita beralih ke objek wisata goa. Salah satunya goa jomblang. Goa ini berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Goa jomblang adlaah goa berbentuk vertical dengan hutan purba di dalamnya. Tempat ini memiliki keunikan yaitu cahaya yang menembus lobang goa disebut dengan Cahaya Surga yang bisa kamu lihat di waktu jam 10 pagi sampai jam 12 siang. Melihat cahaya dari goa bisa meninggalkan kesan tersendiri.

Tempat ini juga pernah digunakan oleh acara TV Amerika yaitu The Amazing Race.

Goa Pindul

Goa pindul terkenal akan kegiatan cave tubingnya. Bagi yang belum tahu, cave tubing adalah kegiatan menyusur goa menggunakan ban karet. Goa ini memiliki Panjang sekitar 350 meter dan lebarnya 5 meter dengan kedalaman air antara 5 hingga 12 meter. Terdapat 3  zona di goa ini yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap.

Di goa ini kamu bakal disajikan pemandangan yang indah.

Itulah objek wisata di jogja yang harus kamu kunjungi pas liburan. Sudah menentukan belum mana yang bakal kamu kunjungi? Jangan lupa selalu bawa Plossa Press & Soothe Aromatics supaya kamu tidak mengalami masuk angin saat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *