tips menjaga tubuh anak dimasa pandemi

Plossa.co.id – Di masa pandemi seperti saat ini kita perlu membiasakan diri kita dengan beberapa hal yang baru, kita perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti menggunakan protokol kesehatan, menjaga jarak hingga membatasi kegiatan diluar rumah agar tidak terpapar ganasnya virus COVID-19.

Untuk itu menjaga daya tahan tubuh menjadi penting, tidak terkecuali untuk anak-anak, saat ini peran orang tua untuk menjaga imunitas tubuh anak menjadi sangat penting karena anak-anak memiliki risiko  yang sama dengan orang dewasa untuk terjangkit virus COVID 19. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu praktekan dalam menjaga imunitas tubuh anak.

  1. Perhatikan kebutuhan nutrisi anak
    Nutrisi yang tepat dapat berperan penting dalam melindungi tubuh dari paparan virus COVID-19, contohnya pada bayi yang baru lahir, pemberian nutrisi yang tepat seperti ASI, dapat melindungi tubuh bayi tersebut, karena dalam kandungan ASI terdapat sejumlah antibody dan immunoglobulin A (IgA) yang berperan untuk melindungi tubuh. Ketika anak berusia 6 bulan, ASI saja kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, orang tua perlu memberikan anak makanan yang sehat dan bergizi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.
  2. Istirahat yang cukup
    Ketika tidur, sel-sel tubuh yang rusak akan kembali beregenerasi menjadi sel-sel tubuh yang baru, namun apabila tubuh mengalami kurang tidur maka tidak ada waktu untuk tubuh membentuk sel-sel yang baru. Waktu tidur pada anak berbeda-beda, contohnya pada bayi yang memerlukan waktu tidur selama 18 jam, lalu balita yang membutuhkan waktu sekitar 12-13 jam dan anak lima tahun keatas yang membutuhkan waktu tidur 10 jam sehari.
  3. Mengajak anak berolahraga
    Cobalah ajak anak untuk berolahraga, karena dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada masa pandemi seperti saat ini disarankan untuk olahraga selama 150-300 menit dalam seminggu, orang tua bisa mengajak anaknya untuk bermain sepeda atau bermain bola disekitar rumah.
  4. Konsumsi Vitamin
    Vitamin D sudah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena Vitamin D dapat meningkatkan sel-sel imunitas dalam tubuh seperti sel T dan makrofag. Ketika berada dibawah sinar matahari tubuh anak secara alami akan menghasilkan Vitamin D, namun pada masa pandemi seperti saat ini, anak-anak akan kurang terpapar sinar matahari karena harus terus berada didalam rumah. Salah satu solusi bagi anak yang kekurangan Vitamin D adalah dengan mengkonsumsi sayur-sayuran seperti bayam, kubis, kacang kedelai, serta daging ikan seperti ikan sarden dan salmon.
  5. Ajarkan cara hidup sehat dan bersih
    Tips yang terakhir adalah dengan mengajarkan anak cara hidup sehat dan bersih seperti mencuci tangan saat makan, pergi keluar rumah atau sehabis melakukan aktivitas, cuci tangan bisa menggunakan sabun dan air mengalir atau jika sedang diluar bisa menggunakan cairan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

Demikian 5 cara dari plossa dalam menjaga imunitas tubuh anak, semoga dapat bermanfaat bagi kita dan kita dapat terhindar dari ancaman virus COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *