varian corona delta

Plossa.co.id – Indonesia hingga saat ini masih berjuang untuk bangkit dari merebaknya varian baru virus Covid-19. Salah satu varian corona yang paling berbahaya adalah Varian Delta. Varian baru ini dipercaya dapat menular lebih cepat dari varian virus sebelumnya, lalu apakah varian delta itu? Ini penjelasanya.

Mutasi virus corona delta pertama kali teridentifikasi di India, varian ini juga dikenal sebagai varian B.1.617.2. Varian delta ini banyak membuat berbagai negara di dunia kewalahan karena cepatnya penularan antar manusia. Dikutip dari Kompas.com strain varian ini memiliki mutase pada protein lonjakan yang mengakibatkan lebih mudah menginfeksi sel manusia.

Gejala Covid-19 Varian Delta

Virus corona akan mengakibatkan beberapa gejala seperti demam, batuk kering, kelelahan luar biasa, napas pendek, mengigil hingga hilangnya indra penciuman. Dilansir dari situr corona.jakarta.go.id gejala tersebut mungkin terjadi pada virus varian delta, akan tetapi terdapat gejala tambahan yang dialami penderita Covid Varian Delta seperti

  1. Sakit Kepala
  2. Nyeri Otot
  3. Hidung tersumbat atau pilek
  4. Mual dan muntah
  5. Diare
  6. Kehilangangan nafsu makan
  7. Gangguan Pendengaran

Salah satu gejala yang sering dialami penderita varian delta adalah gejala mirip flu namun terasa lebih buruk.

Yang Perlu Dilakukan Jika Terpapar Varian Delta

Yang perlu dilakukan jika kamu terpapar virus corona varian delta adalah tetap tenang lalu jika tak begejala atau gejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing. Untuk kebutuhan sehari-hari kamu bisa mengabarkan tetangga atau kerabat untuk membantu membelikan makanan atau bisa juga menggunakan layanan pemesanan online.

Selain itu kamu bisa langsung mengabarkan Ketua RT atau Satgas Covid di wilayahmu agar kamu bisa mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan secara gratis.

Namun apabila kamu mengalami gejala berat, segera mengunjungi Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatas medis secara cepat, karena bagi yang memiliki Riwayat penyakit lainya akan sangat berbahaya jika tidak ditangani secara cepat.

Bagaimana Mencegah Varian Delta

Disiplin menerapkan protokol kesehatan adalah salah satu Langkah dini untuk mencegah terpapar varian delta, salah satu yang harus ditingkatkan adalah penggunaan double masker ketika berada diluar rumah. Selain itu usahakan untuk mengikuti program vaksinasi yang telah ditentukan oleh pemerintah, karena sudah banyak negara yang bisa beradaptasi dengan virus corona karena program vaksinasi berhasil dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *