pengobatan bekam

Plossa Pengobatan bekam sejak lama telah dikenal sebagai teknik pengobatan yang dipercaya bisa mengeluarkan zat berbahaya atau racun dari dalam tubuh. Teknik pengobatan yang berasal dari Tiongkok ini juga dianggap mampu mengurangi rasa sakit serta bisa membuat pikiran dan tubuh lebih relaks.

Bekam sendiri merupakan terasi yang melibatkan pemanasan sebuah cangkir, kemudian ditempelkan pada permukaan kulit sehingga terjadi penyedotan pada permukaan kulit tersebut. Lantas, bagaimana proses bekam bisa mengatasi penyakit tertentu dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasan berikut!

Proses Pengobatan Bekam dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Langkah awal sebelum melakukan pengobatan bekam adalah memanaskan cangkir terlebih dahulu menggunakan racikan herbal, alkohol, atau pun kertas khusus yang nantinya ditempatkan pada cangkir. Saat api sudah mengecil dan mati, cangkir tersebut langsung ditempelkan tepat di permukaan kulit pasien. Hal ini akan membuat udara di dalam cangkir terasa dingin.

Nah, terbentuknya udara dingin inilah yang akan menarik permukaan kulit di dalam cangkir. Sehingga, permukaan kulit akan tampak merah karena pembuluh darah yang merespons terjadinya perubahan tekanan tersebut. Selain menggunakan cara tradisional, kini juga ada metode bekam yang lebih modern menggunakan pompa karet.

Terapi bekam sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu bekam basah dan bekam kering. Pada bekam basah, terapi dilakukan dengan memberikan sayatan dangkal di permukaan bekas bekam. Terapi dilanjutkan dengan melakukan penyedotan ulang pada permukaan kulit yang disayat. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan darah yang keluar dari sayatan. Jika sudah selesai, terapis akan memberikan salep antibiotik untuk dioleskan pada bagian kulit yang terluka dan ditutup menggunakan perban.

Berbeda dengan teknik terapi bekam basah, bekam kering dilakukan dengan membiarkan cangkir menempel di kulit selama beberapa menit. Hal ini akan membuat permukaan kulit yang kemerahan akan mencuat ke atas. Pada bekam kering tidak dilakukan sayatan, sehingga tidak ada darah yang keluar dari tubuh.

Sebagai terapi tradisional yang telah dipercaya sejak lama, bekam memang memiliki sejumlah manfaat. Terapi bekam diketahui bisa mengobati beberapa penyakit, seperti migrain, darah tinggi, depresi, jerawat dan eksim, gangguan kandungan atau masalah kesuburan, anemia, hemofilia, varises, hingga penyumbatan bronkus.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, tidak heran jika banyak orang memilih terapi ini untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dialami. Meski pengobatan bekam terlihat seram, namun tidak perlu khawatir dengan bekas kemerahan yang muncul di kulit. Pasalnya, bekas-bekas kemerahan tersebut akan hilang sendiri selama sekitar 10 hari.

Selain itu, pastikan untuk memilih tempat terapi bekam yang terpercaya agar bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal. Jangan sampai memilih terapis yang abal-abal karena bisa membahayakan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *