sakit kepala belakang

Plossa.co.id – Neuralgia Oksipital merupakan penyakit yang ditimbulkan karena nyeri saraf yang berasal dari peradangan serta cedera saraf oksipital di otak. Keadaan ini sering di duga migrain atau sakit kepala biasa karena terdapat kemiripan gejalanya.

Saraf oksipital mengelola kerja dan gerak fragmen atas tulang belakang (servikal) sampai ke pangkal tengkorak. Akibatnya timbul gejala utama neuralgia oksipital, yaitu timbul nyeri kepala di bagian belakang.

Neuralgia oksipital kerap kali tidak terdeteksi karena mirip seperti migrain atau sakit kepala belakang. Hal inilah menjadi alasan kita perlu  tahu perbedaan neuralgia oksipital dengan sakit kepala belakang, karena cara mengatasinya tentu berbeda.

Apa Itu Neuralgia Oksipital?

Neuralgia oksipital dapat dikatakan jenis sakit kepala primer maupun sekundar. Dalam tipe primer hingga saat ini belum diketahui penyebabnya, namun dalam tipe sekunder, biasanya dapat dikaitkan dengan penyakit seperti tumor, trauma, penyakit sistemik, infeksi atau pendarahan. Neuralgia oksipital dapat timbul karena terdapat masalah pada otot leher. Otot leher yang mengalami  tegang serta kaku dapat memberi tekanan terhadap saraf oksipital dalam kurun waktu yang lama, akibatnya akan menimbulkan inflamasi atau cedera pada saraf oksipital. Keluhan radang sendi, degenerasi tulang atau spondilosis dapat mengakibatkan penekanan saraf oksipital.

Cara Mengobati Neuralgia oksipital

Ketika masuk tahap sakit kepala primer, dokter hanya dapat mengurangi serta mengatur nyeri, tetapi ketika masuk dalam tahap sekunder, penyebab penyakitnya harus dicari serta ditangani terlebih dahulu. Dan berikut ini merupakan cara mengobati neuralgia oksipital.

  • Kompres pada bagian leher serta pangkal kepala dengan menggunakan kain hangat.
  • Beristirahat sejenak dari aktivitas.
  • Carilah tempat yang sepi serta nyaman untuk menenangkan diri.
  • Lakukan pijatan lembut di bagian leher serta belakang kepala.
  • Meminum obat Pereda nyeri.
  • Menggunakan obat pelemas otot, antikejang, antidepresi, blok saraf dan steroid.

Jika langkah-langkah diatas belum mampu untuk meringankan nyeri akibat neuralgia oksipital, dokter akan melakukan prosedur operasi. Beberapa hal berikut ini harus dihindari untuk mencegah timbulnya hal tersebut.

  • Kurangi aktivitas berat seperti olahraga ekstrem, secara khusus di area leher serta kepala.
  • Mengangkat beban berat.
  • Posisi tidur yang kurang ideal.
  • Terbiasa membunyikan leher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *