penyebab susah tidur insomnia

Plossa Insomnia atau susah tidur adalah salah satu gangguan tidur yang sering kali dialami banyak orang. Susah tidur ini menyebabkan banyak hal seperti penyakit, mengganggu aktivitas, dan lain sebagainya. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui gejala dan penyebab susah tidur atau insomnia agar makin paham.

Gejala Insomnia

Insomnia adalah salah satu masalah tidur yang memiliki gejala tertentu dan banyak orang tidak menyadarinya. Gejala-gejala tersebut antara lain yaitu:

  1. Susah Tidur di Malam Hari
  2. Sering Terbangun dalam Tidur
  3. Bangun dengan Badan yang Sangat Lelah
  4. Sering Mengantuk pada Siang Hari

Penyebab Susah Tidur atau Insomnia

Setelah mengetahui gejala-gejala yang telah dikatakan di atas maka selanjutnya adalah pembahasan mengenai penyebab dari insomnia, yaitu sebagai berikut:

  • Masalah Psikologi

Pertama dan yang paling sering dialami masyarakat adalah masalah psikologi atau mental. Di dalam hidup ada banyak sekali masalah yang dialami oleh manusia. Masalah itu sering kali membuat kita berpikir keras dan berpikir terus hingga otak tak bisa beristirahat.

Masalah seperti putus cinta, kehilangan orang tua, terkena bencana, masalah dengan sahabat, dan lain-lain memang sering membuat kita stres. Masalah-masalah ini bisa menimbulkan depresi, gangguan kecemasan, bahkan hingga bipolar.

  • Masalah Kesehatan Fisik

Selain masalah psikologi ternyata masalah fisik juga ikut andil menjadi penyebab dari insomnia ini. Beberapa penyakit seperti masalah pencernaan misalnya GERD, masalah pernafasan misalnya asma, bronkitis, dan lain sebagainya,

Penyakit ini sangat mengganggu tidur sehingga membuat tidur menjadi terganggu. Apalagi pada saat malam udara dingin dan sering kali memperparah berbagai jenis penyakit tersebut.

  • Jet Lag

Bagi kamu yang sering bepergian ke luar negeri pasti sudah tahu kan yang namanya jet lag? Ya, jet lag adalah kondisi di mana kamu sedang berada di suatu negara yang selisih waktunya cukup berbeda.

Misalnya saja jarak waktu Indonesia dan Amerika adalah 11 jam. Jadi, jika Indonesia pukul 15.00 WIB maka di Amerika masih pukul 04.00 waktu setempat. Nah, perbedaan waktu yang sampai setengah hari ini membuat jam tidur menjadi berantakan.

  • Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Selain penyebab di atas, konsumsi obat-obatan tertentu juga sering mengakibatkan insomnia. Ada beberapa obat seperti fluoxentine, ibuprofen, salbutamol, dan lain sebagainya yang membuat kamu insomnia.

  • Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Penyebab yang lainnya adalah melakukan gaya hidup tak sehat seperti merokok, minim-minuman beralkohol, konsumsi narkoba, dan lain sebagainya.

Itu dia penjelasan mengenai gejala dan juga penyebab susah tidur atau insomnia yang bisa kamu ketahui. Gejala dan juga penyebabnya harus benar-benar diperhatikan sehingga kamu bisa mendapatkan terapi yang sesuai. Semoga informasi di atas bisa menjadi dasar untuk mengatasi insomnia kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *