penyebab gejala insomnia

Plossa.co.id – Pernahkah kamu merasa sulit tidur malam, atau tidur tidak tenang, atau juga bangun di pertengahan malam dan sulit tidur kembali? Jika kamu sering mengalami hal-hal tersebut ada kemungkinan kamu sedang terkena gejala susah tidur atau insomnia.

Biasanya gejala imsomnia terjadi dalam kurun waktu beberapa hari saja, atau sampai dua atau tiga minggu. Akan tetapi pada beberapa kasus yang cukup berat, insomnia bisa terjadi lebih dari lama lagi. Untuk mengatasi insomnia kita perlu tahu gejala-gejala insomnia, berikut ini adalah beberapa gejala dan penyebab insomnia yang perlu kamu ketahui.

Gejala Insomnia

  1. Susah Tidur
    Gejala susah tidur adalah gejala yang sering dialami oleh penderita Insomnia, gejala ini bisa terjadi setiap malam dalam kurun waktu berhari-hari, berminggu-minggu atau bisa lebih lama.
  2. Mudah Lelah
    Pernah gak kamu merasa mudah lelah? Atau tidak segar ketika baru bangun tidur? Hal ini merupakan salah satu gejala insomnia, karena sulit tidur serta jam tidur berantakan membuat seseorang ketika bangun tidur sering merasa lelah.
  3. Sakit Kepala
    Gejala lain seseorang mengalami insomnia adalah sering sekali sakit kepala pada pagi hari, hal ini tentu sangat menganggu mengawali aktivitas di pagi hari.

Penyebab Insomnia

Perlu kamu ingat insomnia bukanlah suatu penyakit namun gejala yang ditimbulkan dari beberapa penyakit. Berikut ini adalah penyebab dari gejala insomnia yang perlu kamu ketahui.

  1. Stres Tinggi
    Saat kamu mengalami susah tidur umumnya kamu sedang banyak fikiran atau stres, sehingga kamu akan terus terbangun sepanjang malam. Dampak stres ini sangat tidak baik untuk kesehatan, sebaiknya lakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stres agar kamu bisa tidur nyenyak.
  2. Pola makan yang kurang baik
    Selain membuat tubuh mudah gemuk atau obesitas, makan malam juga akan membuat kamu sulit untuk tidur nyenyak, jadi usahakan untuk makan tepat waktu, seperti pada malam hari makan sekitar jam 7.
  3. Dampak zat kafein, nikotin dan alkohol
    Mengonsumsi minuman yang mengadung kafein dan alkohol dapat membuat kamu menjadi sulit tidur, selain itu merokok sebelum tidur juga kurang baik karena zat nikotin pada rokok akan membuat kamu menjadi sulit tidur.
  4. Kurang olahraga
    Kurang melakukan olahraga juga bisa menjadi menyebabkan insomnia, karena tubuh kita akan terasa kurang bugar dan mudah pegal-pegal. Usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin pada pagi atau sore hari, agar tubuh kamu sehat serta tidur nyenyak.

Itulah beberapa gejala serta penyebab susah tidur atau insomnia, jika kamu mengalami susah tidur karena sakit kepala, kamu bisa menggunakan PLOSSA untuk meredakanya, kamu bisa menghirup aromatherapy dari PLOSSA atau melakukan pijatan – pijatan di titik akupresur yang dapat membuat kamu menjadi lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *