mengatasi hidung tersumbat saat masuk angin

Plossa Saat masuk angin, ada berbagai macam gejala yang dialami oleh tubuh mulai dari sakit kepala, badan meriang, hingga hidung tersumbat. Ketika hidung tersumbat tentunya akan terasa sangat tidak nyaman karena tidak bisa mencium bau bahkan terkadang sulit untuk bernapas.

Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan juga bisa menyerang lansia, lho. Anda bisa melakukan beberapa cara mudah dan sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat berikut ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Ketika Masuk Angin

Mematikan AC atau Kipas Angin

Bagi Anda yang menggunakan AC atau kipas angin di rumah sebaiknya segera mematikannya ketika hidung tersumbat. Saat hidung tersumbat suhu ruangan harus lembap dan juga hangat.

Bernapas pada suhu udara yang lembap akan meredakan peradangan dan juga mengurangi pembengkakan pembuluh darah pada hidung, sehingga napas menjadi lebih nyaman dan lega

Minum Banyak Air Putih

Cobalah meminum air hangat, karena air hangat juga akan mengatasi hidung yang tersumbat dengan baik. Lendir di hidung pun bisa mengencer dengan bantuan air hangat tersebut.

Anda juga bisa membuat variasi dari air hangat misalnya dengan olahan air jahe, teh lemon, madu, atau mint. Minum air hangat ini menjadi salah satu cara dalam mengatasi hidung tersumbat dengan benar. Karena cara itu akan memudahkan pernapasan dengan alami.

Mandi dengan Air Hangat atau Air Panas

Cara lainnya yang juga bisa dilakukan dalam meredakan hidung tersumbat adalah mandi air hangat/panas. Uap dari air hangat ini akan mengencerkan lendir yang menumpuk pada bagian rongga hidung. Uap air hangat juga akan mengurangi peradangan di hidung.

Menggunakan Bahan Alami

Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Misalnya dengan makan makanan pedas yang ditambahkan dengan rempah-rempah. Atau bisa juga mengunyah bawang putih yang ditumis terlebih dulu atau dibuat olahan makanan tertentu.

Menghirup Uap Hangat

Supaya udara di sekitar ruangan menjadi lembap maka Anda bisa melakukan sauna wajah. Caranya yaitu dengan menghirup uap dari air panas/hangat dari wadah atau baskom. Tutup kepala dengan handuk dan condongkan wajah ke dalam wadah atau baskom tersebut. Hirup uap panasnya selama kira-kira 10 menit.

Menggunakan Plossa Press & Sooth Aromatics

Produk dari Enesis Grup yang satu ini memiliki fungsi 4in1 yang dapat meredakan berbagai macam masalah tubuh mulai dari sakit kepala, pegal-pegal, hingga hidung tersumbat. Plossa memiliki kandungan eucalytpus yang dapat memberikan sensasi hangat pada rongga hidung dan membuat napas menjadi lebih lega.

Bukan hanya mengatasi hidung tersumbat, Plossa juga bisa mengatasi masalah anosmia atau terganggunya fungsi penciuman, lho. Cara menggunakanya sangat mudah, buka tutup plossa dan hirup bagian in healer-nya. Lakukan berulang-ulang sampai napas Anda terasa lega.

Ternyata ada banyak cara yang bisa digunakan saat hidung sedang tersumbat. Dalam mengatasi hidung tersumbat ini sebaiknya menggunakan cara dan bahan alami terlebih dulu. Namun jika masih belum teratasi atau malah semakin parah sebaiknya segera periksa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *