Plossa Selama bulan Ramadhan, pasti tidak nyaman jika tiba-tiba sakit kepala saat berpuasa. Kamu juga pernah? Nggak enak pasti ya, puasa kamu jadi terganggu. Apa sih penyebab sakit kepala saat puasa? Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ya.

Penyebab sakit kepala saat puasa

Setiap orang dapat mengalami kondisi tiba-tiba sakit kepala saat berpuasa dengan penyebab yang berbeda-beda. Tergantung pada kondisi fisik masing-masing. Berikut kemungkinan yang menyebabkan kamu sakit kepala saat berpuasa:

Dehidrasi

Saat berpuasa, kamu harus tetap memenuhi kebutuhan minum air saat buka puasa dan sahur. Jika tidak, kamu akan berisiko mengalami dehidrasi sehingga volume otak menyusut dan tidak mendapat asupan oksigen yang cukup. Akibatnya, kamu jadi sakit kepala, lemas, kram, sulit konsentrasi, sampai kulitmu mengering bahkan mengelupas.

Sakau kafein

Bagi kamu yang suka ngopi, kekurangan kopi beberapa cangkir saat puasa bisa saja menyebabkan kamu sakit kepala, atau istilahnya sakau kafein. Saat puasa pastinya kamu tidak bisa minum kopi setiap saat. Gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala, lemas, mual, gelisah, dan cemas. Gejala ini bisa terus terjadi mulai dari seharian hingga dua bulan, tergantung seberapa sering kamu ngopi.

Perubahan pola tidur

Saat bulan Ramadhan, kamu mungkin akan mengalami perubahan pola tidur karena harus bangun lebih awal untuk sahur. Akibatnya, kamu jadi kurang tidur yang menyebabkan sakit kepala.

Cara mengatasi sakit kepala saat puasa

Sakit kepala saat menjalankan puasa tentu sangat mengganggu. Berikut cara mengatasi sakit kepala saat berpuasa.

Pijat ringan

Melakukan beberapa pijatan ringan pada wajah dan kepala bisa membantu kamu mengatasi nyeri akibat sakit kepala. Mulailah dengan gerakan melingkar dengan jari dari kedua tulang pipi kamu. Lalu perlahan geser jari semakin ke atas, tepatnya sisi luar kedua matamu. Teruskan hingga jari-jarimu naik ke bagian tengah dahi.

Kompres dingin

Cara kedua mengatasi sakit kepala saat puasa yaitu dengan mengompres kepalamu. Caranya yaitu siapkan es batu lalu bungkus dengan kain. Tempelkan kompres tersebut ke bagian kepala yang sakit. Kompres dingin bisa membantu mengatasi peradangan saraf dalam otak.

Hindari cahaya yang terlalu silau

Cahaya dari luar atau layar komputer yang terlalu silau bisa membuat mata lelah sehingga menyebabkan sakit kepala. Jadi, cobalah sebisa mungkin menghindari cahaya yang terlalu silau. Kamu bisa menutup jendela dengan gorden atau menurunkan pengaturan cahaya di layar komputer atau hpmu.

Itulah cara mengatasi sakit kepala saat puasa. Kamu bisa menggunakan Plossa Press & Soothe Aromatics jika mengalami sakit kepala saat berpergian, Plossa mengandung Eucalyptus Oil dan bahan aktif Cineol yang ampuh sebagai Pereda sakit kepala. Jika sakit kepalamu tidak kunjung sembuh juga, sebaiknya periksakan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *