kerokan

Plossa.co.id – Sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kerokan. Kerokan adalah metode warisan untuk mengatasi masuk angin. Tidak hanya itu, kerokan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit lainnya seperti batuk, flu, pegal-pegal dan lainnya.

Masuk angin adalah kondisi di mana kamu mengalami gejala seperti tidak enak badan, kedinginan, meriang, sakit kepala, dan pegal-pegal. Masuk angin juga sering ditandai dengan badan yang terasa hangat, perut kembung, demam, sering buang angin. Gejala masuk angin memang mirip dengan gejala flu, tapi penyebabnya bisa berbeda-beda.

Untuk mengatasi ini masuk angin, masyarakat Indonesia melakukan pengobatan dengan melakukan kerokan. Kerokan dilakukan dengan cara menggosokkan benda tumpul seperti uang koin, bawang, bahkan sendok pada punggung. Supaya badan tidak lecet saat dikerok biasanya menggunakan minyak angin atau lotion.

Jika muncul bekas merah saat dikerok, itu tandanya kamu masuk angin. Ada juga anggapan lain bahwa jika bekas kerok semakin merah, maka semakin banyak angin yang keluar dari tubuh.

Apa Kerokan Baik untuk Kesehatan?

Dilihat dari sisi medis, kerok badan dapat memberi dampak baik pada kesehatan. Koin yang digosokkan dapat membuat suhu tubuh meningkat, sehingga tubuh kamu akan memanas, yang mengakibatkan pembuluh darah dalam tubuh melebar.

Kondisi tersebut akan memperlancar peredaran pada tubuh atau dikenal dengan istilah oksigenisasi. Jika peredaran darah lancar, maka gejala masuk angin pun akan membaik. Selain itu, kerokan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu loh.

Bolehkah kerokan saat masuk angin?

Boleh saja, namun tidak semua orang cocok dikerok. Ada beberapa kondisi di mana seseorang sebaiknya menghindari kerokan seperti:

  • Memiliki riwayat gangguan medis pada kulit
  • Mudah berdarah
  • Menderita deep vein thrombosis
  • Menderita infeksi atau luka yang belum sepenuhnya sembuh.
  • Menggunakan alat implant di dalam tubuh seperti alat pacu jantung.

Contoh Kerokan yang Benar

Kamu tidak bisa mengerok badan sembarangan, tetapi ada tekniknya. Sebaiknya kamu meminta tolong kepada teman atau keluarga yang mengetahui caranya. Tetapi jika kamu ingin mengetahui cara mengerok yang benar, berikut caranya:

  1. Siapkan koin yang ujungnya tidak tajam, seperti uang koin seribuan
  2. Gunakan minyak zaitun atau lotion agar tubuh tidak lecet saat dikerok
  3. Lakukan kerokan di sendi-sendi dekat tulang. Tidak dianjurkan mengerok di atas tulang.
  4. Kerok dari atas ke bawah
  5. Jangan kerok bagian tulang punggung, bisa membahayakan
  6. Setelah selesai, oleskan minyak angin pada bagian punggung agar badan lebih hangat
  7. Jangan langsung mandi setelah selesai dikerok, usahakan besok saat suhu tubuh kembali normal

Nah, sudah tahu kan bahwa kerokan itu bisa membantu meredakan masuk angin. Namun kamu harus tetap hati-hati ya, jika tak kunjung sembuh sebaiknya kamu segera periksa ke dokter. Jika kamu masuk angin saat berpergian, jangan khawatir, gunakan Plossa Press & Soothe Aromatics untuk meredakan masuk angin mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *