penyebab sakit kepala pada ibu hamil

Plossa.co.id – Saat memasuki masa kehamilan banyak ibu hamil yang sering mengeluhkan rasa sakit kepala, terkadang sakit kepala ini dapat mengakibatkan mual hingga muntah. Lalu apa penyebab sakit kepala pada ibu hamil? Berikut penjelasannya.

Perubahan hormone serta kenaikan volume darah yang disertai cairan dalam tubuh dapat menjadi penyebab sakit kepala. Tetapi sakit kepala juga dapat menjadi tanda terjadi gangguan kesehatan antara ibu ataupun janin. Menurut data kesehatan dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologist yang menyatakan migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang dialami selama masa kehamilan, keluhan migrain dapat ditangani dengan cepat serta cara yang mudah.

Dalam kondisi lain sakit kepala saat masa kehamilan juga dapat menjadi sebuah ancaman, untuk itu kita perlu tahu jenis sakit kepala yang dialami pada masa kehamilan serta penyebabnya. Berikut ini ada beberapa penyebab sakit kepala pada masa kehamilan.

  1. Preeklampsia
    Preeklampsia bisa menjadi penyebab sakit kepala pada ibu hamil, keadaan ini dapat menganggu perkembangan janin. Gejala yang dialami adalah sakit kepala, tekanan darah yang tinggi, kaburnya penglihatan serta timbul nyeri di area perut. Preeklampsia dapat terjadi pada masa kehamilan yang memasuki trimester kedua serta ketiga, terdapat data penelitian yang menyatakan ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi dengan sakit kepala mempunyai risiko terkena preeklampsia serta komplikasi kehamilan 17 kali lebih tinggi.
  2. Dehidrasi
    Selama masa kehamilan banyak mengonsumsi air putih sangat dianjurkan karna dapat menghindari dari dehidrasi, saat tubuh kamu mengalami kekurangan cairan berarti kamu sedang mengalami dehidrasi. Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh dehidrasi, untuk itu sangat penting menjaga asupan air tercukupi setiap harinya, terutama pada ibu hamil. Bagi orang dewasa dianjurkan untuk minum 2 liter atau setara 8 gelas air putih setiap harinya.
  3. Kadar gula rendah
    Ibu yang sedang hamil  usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena dengan makanan sehat serta bergizi akan menyehatkan janin. Kurangnya asupan gizi pada ibu hamil bisa menjadi penyebab keluhan penyakit yang timbul, seperti ketika kadar gula rendah yang dapat menjadi penyebab sakit kepala pada ibu hamil.
  4. Kurang Istirahat
    Waktu istirahat yang cukup sangat dibutuhkan bagi ibu hamil yang masa kandunganya sudah semakin lanjut, biasanya ibu hamil mengalami masalah susah tidur dan hal ini mengakibatkan waktu istirahat berkurang. Dampak kurang istirahat bagi ibu hamil adalah rasa sakit kepala yang timbul, untuk itu sangat penting menjaga waktu istirahat bagi ibu hamil agar tubuh menjadi lebih siap hingga masa persalinan.
  5. Kurang bergerak
    Saat tubuh kita kurang bergerak seperti terlalu banyak tidur, duduk, berbaring dapat mengakibatkan penumpukan cairan yang ada di bagian-bagian tertentu pada tubuh. Meskipun ibu hamil disarankan untuk mendapatkan banyak waktu istirahat namun akan berdampak tidak baik jika terlalu banyak, untuk itu disarankan bagi ibu hamil untuk dapat berolahraga pada pada atau sore hari. Aktivitas olahraga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, dan dengan sirkulasi darah yang lancar akan membantu mengirimkan oksigen ke dalam otak yang akhirnya dapat mencegah rasa sakit kepala.

Itulah 5 hal yang menjadi penyebab sakit kepala pada ibu hamil, untuk mengurangi sensasi rasa sakit kepala pada ibu hamil, Plossa adalah solusinya, karena Plossa karena dapat berfungsi sebagai In haller, roll on, alat kerokan dan relaksasi. Menghirup aromatherapy dari Plossa akan membuat kamu menjadi lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *