penyebab vertigo perifier

Plossa.co.id – Vertigo adalah salah satu jenis vertigo, yang terjadi karena gangguan pada telinga bagian dalam yang berperan mengendalikan keseimbangan tubuh. Oleh sebab itu vertigo perifier berbeda dengan vertigo sentral yang timbul karena gangguan pada batang otak. Namun vertigo perifier memiliki gejala yang lebih berat dari vertigo sentral.

Apa Penyebab Vertigo Perifier?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya vertigo perifier disebabkan oleh gangguan pada salah satu struktu bagian dalam telinga. Struktur bagian dalam telinga memiliki fungsi untuk mengatur keseimbagan seseorang. Terdapat banyak hal gangguan telinga bagian dalam, oleh sebab itu penyebab vertigo perifier bisa berbeda-beda, berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis vertigo perifier dan penyebabnya.

  1. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)
    Vertigo perifier jenis Benign paroxysmal positional vertigo atau bisa disingkat (BPPV) dapat dipicu oleh gerakan tertentu. BPPV bisa terjadi karena terdapat serpihan-serpihan dari saluran telinga bagian dalam yang tersebar karena kamu sedang melakukan gerakan tertentu. Serpihan tersebut merangsang rambut-rambut yang melapisi bagian dalam telinga, sehingga otak menjadi bingung dan menghasilkan rasa pusing berputar.
  2. Vestibular neuronitis
    Vestibular neuronitis timbul karena infeksi yang terjadi di area telinga bagian dalam, selanjutnya infeksi tersebut menyebar ke saraf vestibular. Saraf ini memiliki fungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh. Vertigo perifier jenis ini dapat terjadi secara tiba-tiba dengan disertai gejala seperti timbulnya nyeri telinga, mual dan muntah.
  3. Penyakit Meniere
    Penyebab penyakit ini belum diketahui pasti namun diduga terjadi karena perubahan cairan yang ada di saluran telinga bagian dalam. Jenis vertigo perifier ini dapat timbul secara tiba-tiba hingga dan dapat berlangsung seharian. Keadaan ini sangat menganggu dan dapat membuat penderitanya mual serta muntah. Tidak hanya itu keadaan ini juga dapat membuat telinga berdenging dan telinga kehilangan pendengaran.
  4. Labyrinthitis
    Vertigo perifier dengan jenis Labyrinthitis memiliki penyebab yang hampir sama dengan jenis vertigo perifier vestibular neuronitis,  yaitu terjadi karena infeksi telinga bagian dalam, di bagian labyrinth. Bagian ini berfungsi untuk mengatur pendengaran serta keseimbangan seseorang.  Gejalanya biasanya timbul keluhan telingan nyeri serta demam karena infeksi virus seperti flu dan pilek.

Itulah beberapa jenis dari vertigo perifier, yang bisa disimpulkan jenis-jenis vertigo perifier diatas dapat terjadi karena gangguan pada telinga bagian dalam. Untuk menangani vertigo perifier kamu  perlu penanganan dokter, karena dokter akan memberikan kamu obat-obatan serta saran terapi yang kamu harus lakukan untuk mengurangi keluhan yang timbul karena vertigo perifier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *