jenis sakit kepala

PLOSSAKondisi nyeri atau sakit pada bagian kepala pada umumnya pernah dirasakan oleh semua orang, bahkan yang masih anak – anak pun juga pernah mengalaminya. Kondisi sakit kepala dipicu oleh bagian saraf kepala yang tegang dan terasa nyeri. Pola dan jenis sakit kepala juga bermacam – macam seperti ada yang terasa sakit hanya ketika mendengar suara dan ada juga yang sakit kepala karena sedang banyak pikiran.

Jenis Sakit Kepala yang Sering Diderita

Ada beberapa jenis sakit kepala yang cukup sering dialami oleh kebanyakan orang, apa saja? Berikut ini penjelasannya :

Migrain

Penderita jenis sakit kepala migrain mengalami rasa sakit yang cukup parah pada salah satu bagian kepala saja. Itulah alasannya kenapa migrain juga sering disebut sakit kepala sebelah. Pada umumnya, orang yang menderita migrain juga merasakan beberapa gejala seperti sensitive dengan bunyi atau suara dan cahaya, terkadang mengalami mual hingga muntah.

Ada banya faktor yang dapat menyebabkan migrain, seperti terjadinya perubahan hormon pada wanita. Hal ini dikarenakan kadar estrogen pada tubuh wanit mengalami penurunan pada beberapa kondisi seperti pada saat sebelum atau sesudah haid, masa kehamilan, dan mendekati masa monopause.

Selain itu, penyakit migrain ini juga bisa disebabkan oleh pola makan dan minum yang buruk, contohnhya terlalu banyak makan makanan yang mengandung MSG dan juga minum alkohol.

Cluster Headaches

Jika Anda pernah mengalmai sakit kepala yang muncul secara berulang pada siklus atau waktu tertentu, berarti Anda menderita Cluster Headaches. Gejala penyakit ini yaitu si penderita merasakan sakit pada area sekitar mata.

Kondisi sakit kepala seperti ini biasanya hanya menyerang pada waktu yang sama yang siklusnya bisa mingguan, bulanan dan juga tahunan.

Cluster headaches merupakan nyeri pada bagian kepala yang muncul secara berulang pada siklus tertentu. Penyakit ini ditandai dengan nyeri di sekitar mata. Umumnya, gangguan ini akan muncul pada waktu yang sama. Siklusnya dapat berulang dalam hitungan minggu, bulan, bahkan tahun.

Gejala lain dari penyakit ini yaitu mata bengkak dan merah, hidung tersumbat dan bagian kelopak mata terlihat lemas. Kondisi cluster headache ini sering menyerang para perokok berat, terlalu banyak minum alkohol, dan juga sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi.

Tension Headaches

Penyakit Tension Headaches ini terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe episodik dan kronis. Pada tipe episodik muncul secara periodik kurang dalam 15 hari selama satu bulan. Tipe sakit kepala ini menimbulkan rasa nyeri pada bagian dahi, kepala, hingga leher.

Sedangkan, tension headaches tipe kronis akan datang dan juga menghilang dalam waktu yang tidak bisa ditebak dan juga cukup lama. Penderita tension headaches akan mengalami rasa sakit dan juga disertai denyutan pada bagian depan, atas, atau sisi kepala.

Walaupun, rasa sakit kepala ini bertahan satu hari penuh, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak sama sekali mempengaruhi penglihatan ataupun keseimbangan.

Adapun faktor yang menjadi penyebab tension headaches yaitu stres, depresi, kurang istirahat, postur tubuh yang tidak baik, terlalu lelah, sering merasa cemas, kurang olahraga, kekurangan cairan tubuh, atau penggunaan obat analgesik tanpa resep dokter.

Sakit Kepala Sinus

Sesuai dengan namanya, penyakit sakit kepala sinus bisa terjadi akibat infeksi virus pada rongga sinus yang masuk melalui saluran pernapasan atas. Virus ini mengakibatkan dinding sinus mengalami peradangan, efeknya timbul lah rasa sakit pada bagian kepala.

Gejala sakit kepala akibat sinus yaitu hidung mengeluarkan cairan, telinga berdenging, demam, dan sakit tenggorokan.

Supaya sakit kepalanya cepat hilang, sebaiknya Anda hilangkan dulu infeksi pada sinusnya. Untuk pengobatannya, biasanya menggunakan antihistamin dan juga antibiotic. Namun, sangat tidak disarankan menggunakan dekongestan tanpa resep dokter karena bisa menyebabkan sakit sinus nya bertambah parah.

Sakit Kepala Akibat Efek Samping Obat-obatan

Penggunaan obat – obatan dalam jangka waktu yang lama secara terus meneur juga dapat menimbulkan efek samping berupa rasa sakit atau nyeri di kepala. Kondisi ini dapat terjadi karena si penderita harus mengonsumsi obat suatu penyakit kronis.

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Beberapa jenis kondisi sakit kepala ternyata bisa dihilangkan dengan cara yang cukup mudah tanpa harus ke Rumah Sakit. Berikut ini beberapa caranya :

Rutin minum air putih

Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan sakit kepala yang disebabkan kurangnya cairan tubuh. Maka dari itu, biasakan untuk rutin minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya sesuai dengan anjuran pakar kesehatan.

Kompres Menggunakan Es Batu

Dingin yang berasal dari es batu sangat efektif untuk menghambat lepasnya za yang dapat menyebabkan peradangan pada kepala sehingga terasa sakit. Gunakan handung atau sarung es batu lalu kompres pada bagian kepala yang terasa sakit selama 10-15 menit.

Menjaga Kualitas Tidur

Tidur merupakan nikmat yang sangat luar biasa, dimana saat tidur maka seluruh organ tubuh ikut beristirahat. Jika kualitas tidur tidak terjaga maka daya tahan tubuh juga ikut menurun sehingga kepala akan terasa sakit. Disarankan untuk tidur sebelum jam 11 malam agar pada saat bangun tubuh terasa lebih segar.

Menggunakan Plossa Soothe & Aromatics

Nah, untuk Anda yang sering mengalami sakit kepala karena kelelahan bekerja atau banyak pikiran, coba deh gunakan Plossa. Oleskan roll on pada plossa ke bagian tengah kepala dan juga pada bagian kepala yang sakit.

Setelah itu, gunakan bagian ujung tutup plosa untuk memijat bagian kepala yang sakit. Jika sakit kepala menyerang tiba-tiba, kamu bisa meredakannya dengan mengoleskan Plossa Soothe & Aromatics di bagian pelipis, tengah, dan leher belakang. Gunakan bagian tutupnya untuk memijat bagian kepala yang sakit agar cepat reda.

Kandungan eucalyptus pada Plossa dapat memberikan rileksasi dan aromanya sangat menyegarkan sehingga juga bisa dipakai untuk mengatasi hidung tersumbat. Produk dari Enesis Grup ini terbilang sangat unik dan mantap, ukurannya sangat minimalis sehingga mudah dibawa kemana saja dan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *