protokol kesehatan masker

Plossa Salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh semua masyarakat selama masa pandemi virus corona adalah menggunakan masker. Ya, masker memang selalu wajib digunakan saat kita keluar rumah. Dengan masker, maka kita lebih terlindungi dari kemungkinan penularan virus corona selama beraktivitas di luar rumah.

Jenis masker sendiri sangat beragam. Ada jenis masker yang aman digunakan untuk mencegah penularan virus, namun ada pula jenis masker yang dianggap tidak efektif untuk menangkal virus dan kuman. Oleh karena itu, jangan sampai kita salah memilih masker. Lantas, apa saja jenis masker yang sesuai dengan protokol kesehatan?

5 Jenis Masker yang Boleh Dipakai Sesuai Protokol Kesehatan

Masker Kain 3 Lapis

Pemakaian masker kain direkomendasikan sejak terjadinya kelangkaan masker bedah di apotek atau toko kesehatan. Namun, masker kain yang direkomendasikan adalah masker kain yang dibuat dengan 3 lapisan. Dengan memiliki 3 lapisan, maka masker kain lebih aman untuk melindungi dari penularan virus atau kuman lainnya. Kelebihan dari masker kain sendiri adalah bisa dicuci dan digunakan berkali-kali.

Surgical Mask 2 Ply (Masker Bedah 2 Lapis)

Surgical Mask 2 Ply memiliki 2 lapisan yang terdiri dari lapisan dalam dan lapisan luar. Masker jenis ini tidak memiliki lapisan tengah yang fugsinya sebagai filter. Karena tidak memiliki filter, maka masker ini kurang efektif untuk menyaring percikan air liur atau droplet yang keluar dari mulut atau hidung pemakai saat bersin atau batuk. Oleh karena itu, jenis masker ini hanya direkomendasikan untuk masyarakat yang tidak memiliki gejala flu atau batuk. Masker ini juga tidak direkomendasikan bagi tenaga medis.

Surgical Mask 3 Ply (Masker Bedah 3 Lapis)

Berbeda dengan masker 2 ply, masker 3 ply ini memiliki lapisan yang berfungsi untuk menyaring droplet. Lapisan filter tersebut berfungsi untuk menyaring droplet dari mulut maupun hidung pemakai. Dengan begitu, maka jenis masker ini bisa digunakan oleh masyarakat yang memiliki gejala influenza, seperti hidung berair, batuk, bersin, dan demam.

Masker N95

Nama Masker N95 tentu sudah tidak asing lagi sejak virus corona melanda. Kelompok masker Filtering Facepiece Respirator ini hanya boleh digunakan sekali pakai saja. Kelebihan dari masker ini adalah bukan hanya bisa melindungi pemakai dari cairan berukuran droplet saja. Masker ini juga bisa melindungi dari percikan cairan sampai yang berukuran aerosol sekalipun. Selain itu, masker ini juga mempunyai face seal fit yang cukup ketat, sehingga sangat melindungi saat terpasang dengan benar.

Nah, itulah beberapa jenis masker yang direkomendasikan untuk digunakan sesuai dengan protokol kesehatan. Meski pun masker sempat mengalami kelangkaan, namun kini sudah mulai banyak ditemukan di pasaran. Jadi, pastikan untuk memiliki stok masker di rumah agar bisa dipakai bergantian setiap kali harus beraktivitas di luar rumah.

Supaya nafas kamu tidak sesak saat memakai masker maka kamu bisa oleskan Plossa Sooth & Aromatics pada bagian luar masker. Kandungan eucalyptus di dalam Plossa dapat membuat nafas kamu jadi lebih plong. Masalah? Plossa-in aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *