fresh graduate punya skill

Plossa Sebagai fresh graduate, mencari pekerjaan dan memasuki dunia kerja untuk pertama kali bukanlah hal yang mudah. Ketatnya persaingan dan tidak sebanding antara pencari kerja dengan lowongan yang tersedia membuat semua fresh graduate tidak dapat tertampung semua. Tentu dibutuhkan kompetensi tersendiri yang menjadi ciri khas pelamar kerja dan masuk kompetensi yang diharapkan oleh perusahaan.

Perekrut dari perusahaan-perusahaan, tentu tak mau mempekerjakan seseorang yang main-main dan tidak punya kompetensi. Agar dapat bersaing dan menjadi pilihan para perekrut perusahaan, seorang fresh graduate harus memiliki skill yang bisa menambah nilai diri sebagai calon karyawan. Skill-skill ini tidak diuji langsung oleh perusahaan, namun biasanya dapat diketahui dari hasil psikotes atau tahapan tes pendukung lainnya dari perusahaan tersebut.

5 Skill Wajib yang Harus Dipunyai oleh Fresh Graduate

Bagi Anda seorang fresh graduate, berikut adalah beberapa skill yang harus Anda punya agar perusahaan merekrut Anda:

  1. Kepemimpinan

Hal yang dicari oleh seorang perekrut karyawan baru adalah kepemimpinan. Kepemimpinan terkait dengan inisiatif, ketekunan, keandalan dan pengaturan orang. Inisiatif untuk melakukan pekerjaan tanpa harus selalu dikomando, dapat diandalkan, dapat mengatur orang dalam kelompok tim dan tekun terhadap tanggungjawab pekerjaan adalah aspek penting yang harus dimiliki oleh calon karyawan.

Karena kehidupan di kantor atau dunia kerja berbeda dengan sekolah atau rumah, dunia kerja membutuhkan seseorang yang mempunyai kepemimpinan agar perusahaan dapat berjalan lancar dan sukses mencapai target-target yang diharapkan.

  1. Microsoft Office

Kebanyakan program bisnis mengharuskan mempunyai skill Microsoft office dan banyak yang menawarkan kelas Microsoft office sebagai bagian dari kompetensi dalam kurikulum yang harus diambil. Bagian paling basic dari skill ini misalnya adalah Outlook, Word, dan Excel. Jika keahlian dasar ini sudah dikuasai, maka dapat memanfaatkan belajar dan mendalami aspek lain dari pekerjaan. Sehingga skill ini menguntungkan calon karyawan tak harus lagi mengambil kelas Microsoft office dan fokus mempelajari aspek yang lain.

  1. Public Speaking

Menjadi seorang karyawan akan terasa sulit untuk membangun personal branding secara instan tanpa menyampaikan ide-ide kreatif terkait project atau kebijakan perusahaan kepada rekan kerja atau atasan. Kemampuan ini membutuhkan skill public speaking. Jika ingin jenjang karier cepat dan memiliki peluang kerja maka fokuslah berbicara di depan orang lain dan mengembangkan keterampilan presentasi.

  1. Bekerja dalam Tim

tak jarang menjadi seorang karyawan banyak dilibatkan untuk menyelesaikan project dalam kelompok. Maka skill team work sangat dibutuhkan agar berhasil dalam pekerjaan. Bekerja dalam kelompok membutuhkan banyak keterampilan yang perlu dikuasai.

Aspek yang diperlukan ketika bekerja dalam tim diantaranya adalah mampu berkomunikasi secara efektif dengan semua anggota, paham detail dan goal dalam project tersebut, mendengarkan secara seksama, serta mampu mengambil solusi-solusi terhadap permasalahan yang dihadapi kelompok. Dengan memiliki skill tersebut adalah kunci untuk menjadi anggota tim yang sukses.

  1. Manajemen Waktu

Tidak seperti saat sekolah, jadwal sehari-hari sudah diatur atau saat di rumah bebas melakukan apa saja, lingkungan kerja menuntut kemampuan manajemen waktu yang baik. manajer atau atasan akan memberikan kepercayaan kepada karyawannya untuk melakukan pekerjaan.

Kemampuan manajemen waktu membuat beda dari pegawai lain bagaimana menyusun prioritas pekerjaan, merencanakan, kemampuan untuk selalu focus, mengambil keputusan, motivasi diri dan mengorganisasi segala pekerjaan yang diberikan.

Demikian beberapa skill yang harus dipunyai bagi seorang fresh graduate agar dilirik perekrut dan bertahan di dunia kerja. Pastikan Anda menguasai semua skill itu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *