penyebab vertigo perifier

Plossa.co.id – Keluhan vertigo akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman dalam beraktivitas, keluhan-keluhan  seperti pusing, sakit kepala, mual hingga kehilangan keseimbangan adalah keluhan yang muncul ketika vertigo kambuh. Terlebih jika penderitanya mengalami keluhan parah maka harus beristirahat dengan total. Lalu apakah yang menjadi penyebab vertigo kambuh? Berikut ini adalah penyebabnya.

  1. Faktor mengonsumsi makanan tertentu

Keluhan vertigo kambuh bisa disebabkan oleh masalah sirkulasi pada darah. Keluhan ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti munculnya plak pada dinding pembuluh darah yang mengarah ke otak, kentalnya darah serta mengerasnya dinding pembuluh darah. Keluhan ini bisa disebabkan oleh pola makanan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi jenis-jenis makanan berikut:

  • Daging merah
  • Goreng-gorengan
  • Jeroan
  • Kopi atau minuman beralkohol
  1. Berdiri secara langsung dari posisi jongkok

Bagi penderita vertigo disarankan untuk tidak berdiri secara langung dari posisi jongkok, karena hal ini dapat membuat vertigo kambuh. Kambuhnya gejala vertigo ini biasanya akan terjadi secara singkat namun bisa berulang dan menimbulkan keluhan lainya seperti pusing, mual serta muntah.

  1. Mendongak kepala secara tiba-tiba

Pergerakan kepala tiba-tiba seperti mendongak kepala bisa membuat vertigo menjadi kambuh, Keadaan ini bisa disebut juga dengan istilah posisi paroksismal jinak. Keluhan seperti pusing, mual dan muntah bisa timbul akibat masalah ini.

Mengatasi Vertigo Secara Alami

Gejala vertigo bisa terjadi kapan saja, untuk itu kita perlu tahu cara mengatasi vertigo dan berikut ini adalah cara alami mengatasi gejala vertigo secara alami.

  1. Maneuver Epley

Teknik maneuver epley adalah teknik serangkaian langkah yang dilakukan setiap malam sebelum tidur sampai gejala vertigo sembuh minimal dalam kurun waktu 24 jam. Dilansir laporan Institute for Quality and Efficiency dalam perawatan kesehatan menunjukan bahwa 52 dari 100 orang melakukan teknik Maneuver epley dapat terbebas dari vertigo. Teknik ini dilakukan dengan langkah – langkah berikut:

  • Duduk tegak pada permukaan datar dengan bantal di belakang dan kaki
  • Putar kepala kamu kea rah 45 derajat ke kanan.
  • Saat posisi kepala masih miring, segera berbaring dengan menggunakan bantal. Bertahan lah dalam posisi ini selama 30 detik.
  • Lalu secara perlahan, putar kepala ke kiri sebanyak 90 derajat penuh, tanpa mengangkat leher.
  • Putar bersama seluruh badan, sampai semua tubuh menghadap ke kiri.
  • Perlahan, kembali pada posisi semua, duduk tegak dan menghadap depan.
  • Lakukanlah teknik ini sebanyak tiga kali berturut-turut.
  • Kamu bisa meminta bantuan seseorang untuk melakukan gerakan ini, mungkin kamu akan merasa pusing ketika melakukan gerakan ini namun ini adalah hal yang wajar.
  1. Minum Teh Jahe

Cara alami selanjutnya dalam mengatasi vertigo secara alami adalah dengan mengkonsumsi teh jahe, hal ini diperkuat dengan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science yang menerangkan bahwa jahe dapat mengurangi dampak vertigo lebih baik dibandingkan dengan melakukan teknik maneuver epley sendiri.  Kamu bisa merendam jahe dalam air mendidih selamat 5 menit, lalu berikan madu sebagai penambah rasa, setelah itu minumlah teh jahe selamat dua kali sehari untuk meredakan rasa mual, pusing dan gejala vertigo lainya.

  1. Almond

Cara alami selanjutnya dalam mengatasi vertigo adalah dengan mengkonsumsi almond, sampai saat ini belum ada penelitian mengenai bagaimana cara almond bisa mengatasi vertigo, namun ada kemungkinan kandungan vitamin di dalamnya dapat mengatasi penyebab vertigo. Seperti yang kita ketahui almond adalah makanan yang kaya akan sumber vitamin A, B dan E, dengan mengkonsumsi almond setiap hari dipercaya akan mengurangi gejala vertigo, selain itu almond juga dipercaya bisa mengatasi penyakit lain seperti peradangan, mencegah kanker, menjaga kadar kolesteron dan lain-lain.

  1. Essentials Oils

Cara mengatasi vertigo yang lainya adalah dengan menggunakan essential oils, kandungan minyak oils biasanya terbuat dari bahan-bahan alami, Plossa adalah produk yang memiliki kandungan essential oils yang dapat kamu gunakan untuk meredakan gejala vertigo. Kamu bisa mengoleskan essential oils di titik accu pressure seperti di yang tertera pada kertas yang terdapat di dalam kemasan Plossa.

Jadi itulah yang menjadi penyebab vertigo kambuh serta cara mengatasinya secara alami, semoga bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *