meningkatkan daya tahan tubuh

Plossa Semua orang tentu ingin memiliki daya tahan tubuh yang baik. Stamina tubuh yang kuat akan menjauhkan Anda dari aneka jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh. Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit kronis sekalipun. Maka dari itu, meningkatkan daya tubuh sangat penting agar tubuh selalu bugar dan sehat.

Selain mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat, meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan melakukan latihan fisik. Lalu, latihan apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh?

Inilah Jenis Latihan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Yoga

Yoga merupakan latihan fisik yang tidak terlalu berat dan bisa dilakukan di rumah. Berlatih yoga akan memberikan efek kesadaran pada pikiran, emosi, dan tubuh yang kemudian menyelaraskan kesehatan fisik serta mental.

Yoga juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, membangun kesehatan kardiovaskular, meningkatkan fungsi pernapasan, sirkulasi darah, detak jantung, membangun otot, serta mengurangi peradangan. Dengan latihan yoga secara rutin, maka daya tahan tubuh bisa semakin meningkat.

Jalan Kaki

Latihan fisik yang paling mudah dilakukan adalah jalan kaki. Meskipun sangat mudah dilakukan, namun manfaat jalan kaki bagi kesehatan begitu besar. Jalan kaki dapat merangsang jantung dan otot untuk memompa darah.

Hal tersebut dapat mempengaruhi distribusi darah yang pusatnya berada di jantung. Efek jangka panjang dari latihan ini adalah dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Hanya dengan melakukan jalan kaki sebanyak 5.000 – 10.000 langkah per hari, maka kesehatan jantung akan meningkat.

Latihan Interval

Latihan interval juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Beberapa latihan interval yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah push up, squat, sit up, dan lompat tali. Latihan interval tersebut dapat merangsang kekuatan otot-otot tubuh.

Baca Juga : Titik Pijat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mulai dari otot lengan, pinggul, kaki, bahu, dada, punggung, dan perut. Bukan hanya dapat melatih ketahanan dan kekuatan tubuh, latihan interval juga merupakan jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Aerobik

Aerobik merupakan olahraga yang mirip seperti senam. Saat melakukan latihan aerobik, seluruh tubuh akan bergerak. Mulai dari otot kaki hingga otot lengan. Melakukan latihan aerobik secara rutin dapat membantu melatih stamina dan otot jantung.

Menariknya, latihan ini dapat dilakukan di rumah. Meski begitu, sebaiknya latihan aerobik tetap dilakukan dengan mendapatkan panduan dari tenaga ahli. Dalam masa pandemi seperti ini, Anda bisa mengikuti kelas aerobik secara online atau daring.

Stretching

Stretching merupakan latihan peregangan yang mudah dilakukan namun banyak manfaat yang bisa didapatkan. Latihan ini dapat Anda lakukan setiap dua jam sekali dengan cara melakukan gerakan peregangan statis.

Setiap gerakan ditahan selama 10 – 15 detik. Melakukan gerakan-gerakan stretching secara rutin akan membantu memperbaiki mood dan mengendurkan otot-otot. Daya tahan tubuh pun akan meningkat, sehingga tubuh terasa lebih bugar dan sehat.

Nah, itu dia beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain lima latihan di atas, tentunya masih banyak jenis latihan lainnya yang tidak kalah bermanfaat bagi stamina tubuh. Mengingat pentingnya menjaga stamina, maka pastikan Anda melakukan latihan secara rutin agar daya tahan tubuh selalu kuat dan terhindar dari penyakit.

Jika ada bagian tubuh yang terasa sakit atau pegal setelah melakukan latihan diatas maka oleskan saja Plossa Sooth & Aromatics pada bagian tubuh yang pegal. Kandungan eucalyptus dan menthol pada plossa dapat memberikan rasa hangat yang membuat otot tubuh menjadi lebih rileks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *