perbedaan gejala vertigo dan migrain

Plossa.co.id – Seseorang disebut stres berat disaat orang tersebut mengalami gejala tekanan mental atau perubahan emosi secara tidak normal atau berlebihan. Namun tidak semua orang menyadari sedang mengalami stres berat. Untuk itu kita perlu mengenali gejala-gejala apa saja yang muncul saat seseorang sedang mengalami stres berat.

Banyak penyebab stres berat seperti contohnya, masalah keluarga, beban pekerjaan dikantor, sedang mengidap penyakit tertentu, terlilit hutang, dan masih banyak lagi. Stres bisa dialami oleh semua kalangan usia, dari anak-anak hingga orang dewasa, namun stres hanya sementara serta akan berakhir jika hal yang menyebabkan stres sudah bisa diatasi. Stres bisa berdampak buruk karena dapat membuat daya tubuh menjadi menurun, saat daya tahan tubuh menurun makan bakteri jahat atau virus dapat masuk dan menjadi pemicu penyakit. Berikut ini adalah tanda-tanda saat tubuh mengalami stress.

  1. Perubahan Emosi
    Terkadang seseorang yang mengalami stres memiliki emosi yang tidak stabil, biasanya seseorang tersebut akan mudah marah atau emosi. Hal inilah menjadi tanda pertama seseorang sedang mengalami stres. Seseorang yang emosinya tidak stabil akan cenderung tidak bisa menenangkan fikiran. Terkadang merasa kesepian atau merasa bingung, bahkan bisa sampai mengalami depresi.

  1. Gejala Fisik
    Stres juga dapat berpengaruh terhadap fisik seseorang, kondisi tubuh seseorang yang mengalami stres akan mudah merasa lemas, sakit kepala, migrain, nyeri otot dan jantung terasa berdebar. Stres juga akan mempengaruhi waktu tidur seseorang, seperti seseorang merasa sulit tidur di malam hari, lalu kaki berkeringat serta dingin, sulit menelan saat makan bahkan dapat menurunkan hasrat seksual.

  1. Perubahan Kognitif
    Ciri-ciri lain seseorang sedang mengalami stres adalah terjadi perubahan kognitif, perubahan ini membuat seseorang menjadi sering lupa, mengalami kesulitan untuk fokus, berfikiran negatif, pesimis serta selalu salah membuat keputusan.

  1. Perubahan Perilaku
    Pada tingkat stres berat, seseorang akan mengalami perubahan perilaku, gejala-gejala yang timbul diantaranya adalah tidak bisa fokus, mudah marah, sering gugup, hingga mencari hal untuk dilampiaskan seperti contohnya merusak diri dengan mengonsumsi alkohol dan merokok. Stres dapat terjadi pada setiap orang termasuk kamu, namun kamu jangan khawatir karena stres dapat hilang dengan sendirinya jika kamu bisa menyelesaikan penyebab stres tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *