tips terapi vertigo dirumah

Plossa.co.id – Ketika kita mengalami sakit kepala tentu sangat tidak menyenangkan, apalagi sakit kepala yang diakibatkan oleh gejala vertigo. Seperti yang telah pernah dibahas sebelumnya vertigo adalah salah satu penyakit yang membuat penderitanya mengalami sensasi sakit kepala disertai dengan gangguan penglihatan seperti suasan yang berputar dan tubuh seperti melayang.

Gejala-gejala vertigo diantaranya adalah mual serta muntah karena penderita merasa tidak bisa menyeimbangkan tubuhnya, selain itu dapat membuat penderita kesulitan dapat berdiri maupun berjalan. Hal ini mengakibatkan penderita vertigo tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Vertigo disebabkan oleh berbagai macam penyakit seperti migrain, infeksi telinga dalam, stroke, trauma kepala dan lain-lain. Untuk mengobati atau meredakan penyakit vertigo kamu perlu mendapatkan pengobatan medis atau terapi vertigo di dalam rumah. Berikut ini adalah terapi vertigo yang bisa kamu lakukan di dalam rumah.

  1. Istirahat
    Istirahat dapat menjadi salah satu terapi vertigo yang dapat kamu lakukan dirumah, kamu dapat berbaring atau duduk untuk mengurangi sensasi dari vertigo. Dengan istirahat kamu dapat mengurangi dampak vertigo. Jika kamu tidak istirahat atau duduk saat terkena vertigo, maka kamu akan berada dalam kondisi yang kurang nyaman, karena hal ini akan memperburuk dampak yang dihasilkan oleh vertigo. Usahakan untuk istirahat di tempat yang tenang serta kurangi cahaya dari ruangan maupun cahaya dari layar ponsel atau gadget lainya.
  2. Teknik bradt darroff
    Terapi vertigo yang kedua adalah dengan melakukan teknik bradt darroff yaitu penderita vertigo dianjurkan untuk duduk tegak disisi ranjang dengan posisi kaki menggantung. Namun kaki jangan digerakan, setelah itu mata berada dalam keadaan tertutup lalu baringkan secara cepat kesalah satu sisi, tahan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu kembali duduk ke posisi semula, lalu berdiam untuk merelaksasi selama 30 detik. Setelah itu lakukan gerakan yang sama namun membuang tubuh secara cepat ke arah sebaliknya.
  3. Terapi vertigo air
    Vertigo atau sakit kepala dapat diakibatkan oleh dehidrasi pada tubuh yang kekurangan asupan cairan yang mengakibatkan suplai oksigen ke otak menjadi berkurang, untuk itu minumlah air setidaknya 2,2 – 3 liter setiap harinya untuk orang dewasa. Air mineral merupakan cairan yang sangat baik bagi tubuh karena air mineral tidak mengadung zat-zat seperti kafein, soda, kopi, the dan jus.
  4. Terapi vertigo manuver epley
    Terapi vertigo selanjutnya adalah terapi maneuver epley, terapi ini memiliki tujuan untuk mengeluarkan partikel kecil kalsium yang mengendap dari saluran telinga dalam serta mengembalikan pada posisi seharusnya. Tahap ini menggunakan efek guncangan serta efek dari sistem gravitasi. Terapi manuver epley memiliki gerakan-gerakan tertentu pada tubuh serta kepala dalam kondisi posisi khusus yang dilakukan secara berlawanan. Saat setiap posisi dipertahankan selama kurun waktu 30 detik, agar memberi waktu bagi partikel kecil tersebut untuk bergerak ke arah lain, yang berasal dari saluran telinga dengan menggunakan tarikan dan gravitasi. Untuk melakukan terapi ini alangkah baiknya kamu didampingin pakar fisiotherapy agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa terapi vertigo yang dapat kamu lakukan dirumah, dan salah satu cara untuk mengurangi sensasi vertigo adalah dengan menggunakan Plossa. karena Plossa karena dapat berfungsi sebagai In haller, roll on, alat kerokan dan relaksasi. Menghirup aromatherapy dari Plossa akan membuat kamu menjadi lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *