hidung tersumbat

Plossa Ketika hidung tersumbat pasti terasa sangat tidak nyaman, kepala terasa sakit, bahkan untuk bernafas pun sulit. Biasanya, akan langsung keluar anggapan “ah, paling cuma pilek aja.” Padahal, tidak selalu pilek yang menjadi penyebabnya, ada banyak faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab hidung tersumbat sehingga tidak nyaman saat akan beraktivitas.

Bisa saja karena polusi, alergi, infeksi, maupun karena penyakit lainnya. Dan pada kali ini akan dibahas apa saja yang bisa menjadi penyebab hidung menjadi tersumbat padahal sedang tidak pilek.

Penyebab Hidung Tersumbat Selain Pilek

Alergi

Saat penderita alergi terkena paparan alergen atau zat-zat yang dapat menyebabkan alergi, tak jarang ini akan menyebabkan tubuh beraksi. Misalnya saja pada rinitis alergi, akan terjadi gangguan di dalam sistem pernapasan yang mana membuat produksi lendir yang ada di dalam rongga hidung menjadi meningkat. Ini juga bisa menyebabkan terjadinya bersin atau pilek yang akan juga memicu kemungkinan hidung mengalami penyumbatan.

Polip hidung

Polip merupakan daging tumbuh yang bersifat non kanker. Biasanya bagian dalam hidung menjadi salah satu tempat potensial dimana bisa tumbuh polip. Dan inilah yang dinamakan sebagai polip hidung. Pertumbuhan abnormal ini memang tidak dapat membahayakan. Akan tetapi jika ukurannya terus membesar serta tidak cepat ditangani dengan baik, bisa saja hal ini menyumbat hidung dan saluran pernapasan. Hal ini pula lah yang bisa menyebabkan hidung tersumbat meskipun tidak pilek.

Sinusitis akut

Kondisi sinusitis akut biasanya dapat berkembang diakibatkan batuk pilek. Namun umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 10 hari. Pada saat seseorang mengalami sinusitis, jaringan yang ada di dalam hidung mengalami radang dan membengkak yang membuat rongga hidung menyempit. Produksi lendir juga semakin meningkat yang menyebabkan hidung menjadi tersumbat

Terkena Paparan Senyawa Kimia

Paparan senyawa kimia juga menjadi salah satu penyebabnya meskipun tidak pilek. Saat menghirup senyawa kimia, hal ini akan menyebabkan iritasi di bagian saluran pernapasan. Otomatis ini akan mengganggu pernapasan, mulai dari menyebabkan alergi bahkan hingga sinusitis.

Kehamilan

Siapa sangka jika kondisi kehamilan juga dapat menjadi penyebab hidung tersumbat lainnya. Di masa kehamilan, ada banyak perubahan yang terjadi dalam diri wanita. Pergeseran hormon yang cukup besar dan juga disertai banyaknya peredaran darah yang ada di dalam tubuh. Salah satunya yang terjadi adalah pembengkakan kaki di masa kehamilan. Namun yang lebih membuat terkejut lagi adalah pembengkakan ini juga dapat terjadi di bagian selaput hidung. Ini yang membuat hidung terasa tersumbat padahal tidak pilek. Anda bisa mengatasinya dengan konsumsi air putih lebih banyak.

Kelainan Pada Septum

Hidung tersumbat namun tidak pilek juga bisa disebabkan karena kelainan pada septum. Apa itu septum? Septum merupakan dinding pemisah antara lubang hidung kanan dan kiri. Jika terjadi kelainan pada bagian tersebut, hidung mampet pun juga bisa terjadi. Misalnya saja kelainan pembengkokan atau pergeseran septum. Di dunia medis ini dikenal sebagai deviasi septum. Jika kondisinya sudah parah, hal ini membutuhkan tindakan operasi agar jalur pernapasan kembali normal

Dengan mengetahui penyebab hidung tersumbat padahal sedang tidak pilek, anda bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan Plossa Press & Sooth Aromatics yang di dalamnya terdapat inhaler untuk melegakan hidung yang tersumbat. Masalah ? Plossa-in Aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *