mengatasi masuk angin pada anak

Plossa.co.id – Masuk angin adalah keluhan yang muncul saat kita merasa tubuh kurang fit atau terkadang sedang berada di cuaca yang dingin. Masuk angin bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Semakin besar tubuh kembang anak maka dia akan sering beraktivitas di luar rumah, keadaan ini tentu akan membuat anak rentan terkena gejala masuk angin.

Secara umum anak bisa terkena masuk angin karena sering beraktivitas diluar rumah dengan cuaca kurang bersahabat, telat makan, kehujanan, terlalu banyak mengonsumsi minuman dingin dan lain-lain. Biasanya masuk angin adalah gejala awal yang muncul sebelum flu atau pilek. Bagi para ibu tidak perlu panik dalam mengatasi masuk angin, karena masuk angin akan hilang dengan sendirinya. Namun bagi para ibu juga dapat melakukan cara-cara berikut untuk mengatasi masuk angin pada anak.

  1. Menghangatkan tubuh anak
    Salah satu cara mengatasi masuk angin pada anak adalah dengan menghangatkan tubuh anak. Dapat menggunakan minyak kayu putih atau balsam dan dapat juga menggunakan bawang merah. Usapkan minyak kayu putih pada area punggung, dada, perut, pergelangan dan telapak kaki. Biasanya cara ini dilakukan saat sebelum tidur agar anak tetap nyaman.
  2. Mengonsumsi Sup Ayam
    Saat terkena masuk angin, juga perlu mengonsumsi makanan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sup ayam. Terdapat penelitian sup ayam memiliki sifat antiinflamasi, suhu yang hangat dari sup ayam bisa berfungsi sebagai vaporizer yang membantu melonggarkan lender di saluran hidung.
  3. Minum Jahe
    Ketika masuk angin, anak juga disarankan untuk meminum jahe, karena jahe berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Selain masuk angin jahe juga dipercaya dapat mengatasi pusing, mual, muntah, batuk dan mengurangi gangguan pencernaan seperti kembung. Jahe bisa disajikan dengan dicampur dengan teh atau susu untuk membuat anak tertarik meminumnya.
  4. Menghirup Aromatherapy
    Cara mengatasi masuk angin pada anak selanjutnya adalah dengan menggunakan aromatherapy, dengan menghirup aromatherapy dapat  menghilangkan rasa pusing karena masuk angin. Para ibu bisa menggunakan Plossa, karena Plossa adalah alat serbaguna yang dapt berfungsi sebagai aromatherapy, kerokan, alat pijat dan relaksasi.
  5. Menggunakan Humidifier
    Cara selanjutnya untuk mengatasi masuk angina pada anak adalah dengan memasang humidifier dikamar, dengan alat pelembab udara ini akan mampu untuk membunuh bakteri serta jamur yang kerap kali muncul dengan cepat. Penggunaan humidifier juga dapat membuat udara menjadi steril kembali.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi masuk angin pada anak, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *