hidung tersumbat sebelah

Plossa.co.id – Pernah gak kamu mengalami masalah hidung tersumbat sebelah? Jika pernah pasti terasa tidak nyaman ya ketika beraktivitas. Untuk itu kita perlu tahu cara mengatasi hidung tersumbat sebelah. Keluhan hidung tersumbat bisa terjadi di salah satu sisi atau kedua sisi hidung kita, keadaan ini bisa disebabkan beberapa hal dan salah satunya adalah membekaknya jaringan serta pembuluh darah di rongga hidung.

Penyebab lainnya yang dapat membuat hidung tersumbat sebelah diantaranya adalah pilek, flu, alergi, sinusitis serta alergi. Namun hidung tersumbat juga dapat terjadi karena penyebab serius seperti peradangan pada hidung bukan karena alergi, tumor, polip hidung, kelenjar gondok yang membesar serta asma.

  1. Memperbanyak minum air putih
    Selain untuk terhindar dari dehidrasi, memperbanyak minum air putih juga dapat membantu meredakan keluhan hidung tersumbat, karena dengan memperbanyak minum air putih akan mengencerkan lendir serta menjaga tenggorokan tidak kering. Selain minum air putih kamu bisa mencoba minuman lain seperti teh hangat, air jahe hangat atau jus buah segar.
  2. Menghirup uap hangat
    Saat air mendidih akan menghasilkan uap hangat, menghirup uap hangat dapat membantu anda untuk meredakan hidung tersumbat, namun kamu perlu hati-hati untuk menghirup uap hangat di air mendidih karena bisa terkena air panasnya. Solusinya kamu bisa menggunakan humidifier. Alat pelembab udara ini dapat mengubah air menjadi lembab dan perlahan mengisi udara, akibatnya dapat meningkatkan kelembapan udara di ruangan.
  3. Buang ingus
    Membuang ingus secara teratur juga dapat meredakan hidung tersumbat, cara membuang ingus yang benar adalah dengan menutup salah satu lubang hidung dengan jari, setelah itu buang ingus secara perlahan, tetapi harus di ingat, jangan mendengus terlalu keras, dikhawatirkan akan mendorong kumat ke telinga serta membuat infeksi telinga.
  4. Menggunakan bantal tambahan saat tidur
    Menggunakan bantal tambahan saat tidur juga dapat meredakan hidung tersumbat, karena posisi kepala yang lebih tinggi dapat membuat pernapasan lebih lancar.
  5. Menggunakan Plossa
    Menggunakan PLOSSA juga bisa membantu anda untuk meredakan hidung tersumbat. Caranya dengan menghirup aromatherapy dari Plossa, Inhaler aromatheraphy yang menyegarkan untuk melegakan hidung tersumbat.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat sebelah, bisa kamu praktekan dan semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *