cara kerokan agar tidak sakit

Plossa Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan metode kerokan, cara pengobatan tradisional yang telah ada sejak lama dan masih dipraktikan sampai saat ini. Biasanya, cara ini dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin, demam, atau ketika tubuh terasa terlalu capek atau lelah.

Ternyata, metode ini tidak hanya ada di Indonesia saja tapi juga di negara lainnya walau dengan nama yang berbeda. Namun, sebenarnya metode ini tidak selalu aman dilakukan, apalagi bila dilakukan secara terus menerus dan tidak hati-hati. Tidak hanya kulit yang bisa luka dan mengalami infeksi, bahkan ada risiko lainnya.

Manfaat dari Kerokan

Kerokan tentu saja memiliki manfaat dan karenanya inipun telah dipraktikkan hingga saat ini. Bahkan penelitian secara ilmiah telah dilakukan untuk benar-benar melihat efek dan manfaat dari metode tradisional ini. Secara umum, efeknya mirip seperti ketika seseorang menerima akupuntur.

Salah satu efek utamanya memang untuk mengatasi masalah yang terjadi pada otot atau yang biasa dikenal juga muskuloskeletal. Kondisi seperti nyerti otot, pegal linu, serta badan yang terasa kaku adalah beberapa yang bisa diatasi dengan metode ini.

Hal ini karena kerokan bisa memberikan efek anti-inflamasi serta melancarkan peredaran darah. Inilah alasan mengapa metode ini bisa kemudian bisa memulihkan kondisi otot.

Kondisi kemerahan yang terjadi ketika metode ini digunakan sebenarnya adalah pelebaran pembuluh darah yang kemudian meningkatkan proses peredaran darah di dalam tubuh untuk meningkatkan metabolisme. Karena itulah, orang biasanya juga akan merasa lebih nyaman.

Kerokan juga bisa digunakan dalam kondisi demam serta sakit kepala. Hal ini juga terkait dengan membaiknya atau meningkatnya peredaran darah yang ada dalam tubuh. Ini membuat tubuh mampu memulilhkan diri dengan lebih baik.

Metode tradisional ini juga mampu memberikan dan menjaga panas tubuh dengan lebih baik sehingga bisa memulihkan kondisi demam, bahkan metode ini terbukti jauh lebih efektif dibandingkan dengan metode kompres yang juga sering dilakukan ketika demam terjadi.

Tak hanya itu saja, proses kerokan memicu dikeluarkannya hormon endorfin. Hormon ini memang memicu badan dan perasaan menjadi lebih tenang dan lega. Proses-proses ilmiah inilah yang sebenarnya terjadi ketika metode tradisional ini dipraktikkan.

Ini Cara Kerokan yang Benar

Banyak yang menyarankan bahwa metode pengobatan ini akan jauh lebih efektif bila dilakukan langsung oleh terapis dan orang yang memang sudah ahli serta berpengalaman dalam hal ini. Namun, sebenarnya tidaklah selalu demikian. Kerokan juga bisa dilakukan di rumah dan dilakukan oleh anggota keluarga. Nah, supaya lebih aman sebaiknya kamu ikuti cara kerokan yang benar berikut ini.

Persiapan Alat

Kerokan tentu membutuhkan persiapan alat terlebih dahulu. Dalam  hal ini, alat yang sering digunakan adalah koin, tapi ada juga batu khusus yang bisa digunakan serta bahkan sendok kayu. Selama alat tersebut berpermukaan halus, bulat, serta tidak tajam, itu bisa digunakan untuk metode pengobatan ini.

Setelah itu, alat sebaiknya dipastikan benar-benar bersih dan ini bisa dicuci terlebih dahulu atau bahkan dibersihkan dengan alkohol. Ini diperlukan karena nantinya akan digunakan langsung pada permukaan kulit sehingga harus benar-benar bersih untuk mencegah infeksi.

Proses Kerokan

Untuk pertama-tama, minyak zaitun, lotion, atau balsam serta minyak kayu putih bisa dioleskan di bagian tubuh yang akan dikerok. Ini bisa dioleskan secara merata atau hanya pada bagian tertentu yang akan dikerok.

Dalam hal ini, kerokan tidak dilakukan langsung di atas tulang, tapi justru di bagian sisi-sisinya. Proses juga harus dilakukan secara pelan-pelan dan tidak langsung menggunakan tekanan keras agar tubuh bisa perlahan beradaptasi dan pembuluh darah pun tidak langsung terkejut dengan tekanan yang ada.

Setelah kerokan sebaiknya tidak langsung mandi dan perlu menunggu tubuh merasa lebih baik terlebih dahulu.

Selain menggunakan balsam ataupun minyak kayu putih, kamu juga bisa melakukan kerokan menggunakan Plossa Sooth & Aromatics. Produk dari Enesis Grup ini memiliki fungsi 4in1 termasuk untuk kerokan.

Caranya cukup mudah, oleskan roll on pada bagian badan yang ingin dikerok, lalu gunakan bagian tutup plossa untuk mengerok. Nah, dengan adanya plossa kamu bisa kerokan kapan pun dan dimana pun, apalagi saat masuk angin. Masalah ? Plossa-in aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *