cara kerokan agar tidak sakit

Plossa – Kerokan merupakan salah satu cara pengobatan tradisional yang cukup banyak menuai pendapat pro kontra. Hal ini disebabkan karena ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa kerokan adalah sebuah tindakan yang cukup membahayakan. Namun ada juga yang menyatakan bahwa kerokan juga memiliki manfaat medis.

Apakah kerokan berbahaya?

Pada dasarnya kerokan dilakukan untuk meringankan beberapa gejala masalah kesehatan. Salah satunya adalah gejala masuk angin. Akan tetapi ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa kerokan merupakan sebuah hal yang membahayakan. Pada dasarnya tidak ada efek buruk dari kegiatan kerokan selama kegiatan ini dilakukan dengan benar.

Kerokan hanya akan berbahaya ketika kamu menggunakan alat-alat yang tidak dijaga kebersihannya sehingga menyebabkan bakteri dan virus masuk ke kulit melalui pori tubuh yang terbuka. Akan tetapi jika kamu melakukannya dengan cara yang benar, maka kerokan tidak hanya dapat memberikan tubuh yang lebih segar. Akan tetapi juga dapat memberikan manfaat yang lebih luas seperti mengurangi rasa tegang pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Kerokan dilakukan tidak hanya di Indonesia

Satu fakta yang perlu kamu ketahui lainnya bahwa kerokan merupakan sebuah tindakan alternatif kesehatan yang tidak hanya dilakukan di Indonesia. Ternyata kerokan juga dilakukan di Cina sebagai sebuah kegiatan alternatif medis lo! Di Cina kerokan memiliki nama Gua Sha dan merupakan pasangan dari kegiatan kesehatan alternatif selain akupuntur.

Efek samping kerokan

Jika ditanya apakah kerokan berbahaya? Maka jawabannya adalah tidak. Akan tetapi ketika ditanya apakah ada efek samping dari kerokan? Maka jawabannya adalah ya! Kerokan memiliki efek samping. Kerokan memiliki efek samping berupa kulit yang radang.

Ketika kamu melakukan kerokan, jangan kaget jika kulit tubuh kamu akan berubah menjadi merah. Perubahan warna kulit menjadi merah ini sebuah reaksi peradangan. Akan tetapi peradangan yang terjadi ini bukanlah peradangan akut. Kulit memerah akibat peradangan bisa hilang hanya dalam hitungan hari saja.

Selain warna merah pada kulit, efek samping kerokan juga menyebabkan rasa sakit pada saat melakukan gerakan kerokan. Nah jika kamu tidak ingin merasakan rasa sakit ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah.

Cara Kerokan Agar Tidak Sakit

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu efek samping dari kerokan adalah rasa sakit pada saat dilakukan gerakan kerokan. Untuk menghindari rasa sakit ini kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah.

  • Gunakan alat kerokan yang tumpul

Untuk membuat kerokan tidak sakit, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan alat yang tumpul. Pastikan alat ini tidak bergerigi dan nyaman untuk digoreskan. Salah satu alat yang paling sering digunakan untuk kerokan adalah uang koin. Ketika kamu memiliki uang koin, pastikan uang koin memiliki bagian keliling yang lembut dan tidak bersudut.

  • Gunakan minyak pelumas

Agar kerokan tidak terasa sakit, maka kamu harus menggunakan minyak pelumas. Selain menggunakan minyak pelumas kamu juga bisa menggunakan untuk efek lebih licin.

  • Menghindari bagian tulang

Hal yang paling penting dari kegiatan kerokan adalah menggosok di bagian yang memiliki otot. Cara ini disebabkan karena tujuan dari kerokan adalah untuk melemaskan otot. Jika kamu melakukan kerokan di bagian tulang, maka akan terasa sakit.

Tiga hal di atas merupakan hal yang sangat penting saat kamu akan mencoba kerokan. Jika bisa lakukan kerokan pertama dengan lembut lalu kemudian tambahkan tekanan untuk membuat kulit dan otot kamu terbiasa terlebih dahulu. Ini adalah cara agar kerokan tidak sakit.

Nah, untuk kerokan supaya tidak sakit salah satu nya menggunakan balsam ataupun minyak kayu putih, kamu juga bisa melakukan kerokan menggunakan Plossa Sooth & Aromatics. Produk dari Enesis Grup ini memiliki fungsi 4in1 termasuk untuk kerokan.

Caranya cukup mudah, oleskan roll on pada bagian badan yang ingin dikerok, lalu gunakan bagian tutup plossa untuk mengerok. Nah, dengan adanya plossa kamu bisa kerokan kapan pun dan dimana pun, apalagi saat masuk angin. Masalah ? Plossa-in aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *