bedanya migrain dan vertigo

Plossa.co.id – Tahukah kamu bedanya sakit kepala vertigo dengan migrain? bagi sebagian masyarakat masih banyak yang tidak bisa membedakan vertigo dan migrain. Padahal Vertigo dan Migrain adalah dua jenis penyakit berbeda dan cara mengatasinya berbeda pula.

Berikut ini adalah perbedaan sakit kepala vertigo dan migrain.

  1. Penyebab
    Hingga saat ini penyebab migrain masih belum ditemukan, namun diduga penyebab migrain adalah gangguan neurologis turunan. Migrain juga disebabkan oleh tidak normalnya aktivitas saraf sehingga memicu rasa sakit di otak sehingga menyebar ke bagian saraf lainya.
    Sementara itu penyebab vertigo tergantung dari jenisnya, ada dua jenis penyakit vertigo yaitu vertigo perifer dan vertigo central. Pada vertigo perifer disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam yang berpengaruh pada keseimbangan tubuh. Sedangkan vertigo central disebabkan oleh multiple sclerosis, neuroma akustik, stroke dan dapat juga dari obat yang menimbulkan efek samping gejala vertigo.
  1. Gejala yang ditimbulkan
    Gejala yang ditimbulkan migrain dan vertigo juga memiliki perbedaan, saat migrain menyerang seseorang akan merasakan sakit kepala yang diiringi keduta pada kepala selain itu tubuh menjadi tidak nyaman dan berputar, sementara jika terkena vertigo suasa disekeliling terasa berputar. Perbedaan selanjutnya migrain hanya menyerang di salah satu sisi kepala saja, sedangkan vertigo lama kelamaan akan membuat pengidapnya merasa mual.
  1. Gangguan Penglihatan (Aura)
    Pengidap migrain biasanya mengalami gangguan penglihatan atau Aura, seperti silau dan sakit jika melihat cahaya, atau gangguan lainya seperti kesemutan pada kaki beberapa saat sebelum sakit kepala, sedangkan pengidap vertigo tidak mengalaminya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *