hidung tersumbat

Plossa.co.id – Kamu pasti pernah mengalami hidung tersumbat yang sangat menganggu, namun tidak sedang pilek dan cairan ingus susah keluar. Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh munculnya masalah kesehatan lainya. Biasanya hidung tersumbat dibarengi dengan keluarnya cairan dalam hidung yang biasa disebut dengan ingus, namun gejala ini tidak selalu muncul, lalu apakah alasan hidung tersumbat namun tidak keluar ingus? Berikut penjelasanya.

  1. Alergi
    Alasan pertama seseorang mengalami hidung tersumbat namun tidak keluar ingus adalah seseorang tersebut sedang mengalami alergi. Keluhan alergi bisa mempengarui saluran udara, sinus, saluran hidung hingga kulit. Alergi bisa muncul karena berbagai hal diantaranya adalah karena faktor tidak boleh memakan makanan tertentu, debu, kotoran, hingga terkena bulu hewan.
  2. Gangguan tidur
    Saat kamu mengalami gangguan tidur, ada beberapa keluhan yang dialami seperti sesak nafas atau berhenti bernafas secara berulang, biasanya setelahnya hidung kita seperti merasa tersumbat namun tidak muncul cairan ingus.
  3. Muncul daging di lapisan hidung
    Di dalam hidung kita bisa muncul daging yang tubuh pada lapisan hidung, masalah ini bisa disebut gejala polip hidung. Jika ukuran daging membesar dapat mengakibatkan saluran hidung tersumbat. Selain itu masalah ini dapat menyebabkan keluhan lain seperti masalah pernapasan, hingga hilangnya indra penciuman.
  4. Gejala Hay Feve
    Gejala ini sering  menjadi masalah hidung tersumbat namun tidak mengeluarkan cairan ingus, gejalanya mirip flu namun perbedaanya penyebabnya bukan virus, akan tetapi lebih ke respon alergi karena faktor lingkungan sekitar.
  5. Sinusitis Kronis
    Sinusitis kronis dapat terjadi  saat rongga di dalam hidung serta kepala membengkak serta meradang selama kurun waktu tiga bula atau lebih walaupun sudah di obati. Keadaan ini bisa menganggu munculnya ingus sehingga hidung terasa seperti tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Untuk mengatasi hidung tersumbat terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti dengan cara-cara dibawah ini

  • Kamu bisa lakukan cara meniup rongga hidung secara perlahan
  • Ketahui alergi masalah alergi pada diri kamu
  • Minum air hangat untuk melancarkan cairan ingus dalam hidung
  • Menyingkirkan cairan hidung dengan pencuci hidung
  • Menggunakan alat humidifier untuk melembabkan udara
  • Menghirup In haller dari PLOSSA agar membuat saluran nafas menjadi lebih segar dan nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *