kerokan karena masuk angin

Plossa.co.id – Saat ini kita sudah mulai memasuki musim hujan, kondisi cuaca dan udara yang kurang menentu membuah tubuh kita menjadi rentan terserang penyakit. Salah satu keluhan yang sering kita rasakan ketika memasuki musim hujan adalah masuk angin. Masuk angin adalah istilah seseorang yang mengalami demam, menggigil, nyeri otot, pegal-pegal, perut kembung, serta hilangnya nafsu makan. Jadi masuk angin bukan penyakit atau istilah medis ya.

Dalam mengatasi masuk angin biasanya seseorang akan melakukan kerokan, banyak orang yang mempercayai tubuh merasa enak setelah kerokan, jadi kenapa badan terasa enak setelah kerokan? Ini penjelasanya.

Kerokan merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari jawa dengan menggunakan benda tumpul yang digesekan ke permukaan kulit. Hasil dari kerokan ini akan meninggalkan bekas berwarna merah dengan mengikuti pola tulang rusuk yang ada di punggung atau bagian dada.

Teknik kerokan jika ditelusuri mirip dengan teknik Gua Sha yang berasal dari Asia Timur, metode Gua Sha dapat mengatasi nyeri otot serta tubuh yang tegang. Sama seperti kerokan metode Gua Sha dilakukan dengan mengesekan benda tumpul ke badan dan menghasilkan memar berwarna merah.

Metode ini dapat menghancurkan jaringan parut serta jaringan ikat, selain itu dapat meningkatkan pergerakan sendi. Metode ini tidak mengakibatkan efek sampung yang serius, namun bagi orang yang memiliki penyakit serius tidak disarankan mendapatkan pengobatan ini.

Metode kerokan dengan menggunakan benda tumpul akan meningkatkan kadar beta edorfin, hal ini kerena aktifinya glandula pituitaria pada sel keratinosit dan sel endotel kapiler, dan hasilnya tubuh mengeluarkan endorfin yang adalah morfin alami pada tubuh.

Alasan lain kerokan dapat membuat tubuh terasa enak adalah karena kerokan dapat menekan kadar prostaglandin pada tubuh. Kandungan prostaglandin merupakan sebuah senyawa lemak hasil dari asam lemak dan proses enzimatik, kandungan inilah yang dapat membuat tubuh terasa nyeri dan ketika kadarnya diturukan akan membuat tubuh menjadi lebih segar.

Kerokan dapat juga membuat melebarkan pembuluh darah, saat terjadi, sel-sel darah serta oksigen akan beredar secara lancar, hasilnya semua bagian tubuh akan mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup.  Ketika kamu merasa masuk angin kamu bisa menggunakan Plossa Press & Soothe Aromatics karena Plossa memiliki bagian yang dapat digunakan sebagai kerokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *