badan meriang

Plossa Kondisi tubuh yang kurang fit seringkali membuat badan jadi gampang meriang. Terlebih lagi, ketika cuaca sedang tidak menentu. Terkadang, satu hari hujan tak reda dan di hari lainnya, cuaca panas nan gerah yang tak terkira. Hasilnya, tubuh yang kurang fit bisa menyebabkan masuk angin sehingga badan jadi meriang.

Meriang, atau biasa disebut sebagai kondisi tidak enak badan merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami demam. Menurut beberapa referensi, tubuh yang meriang terjadi ketika diukur menggunakan termometer yang menunjukkan angka 38 derajat celcius lebih.

Kondisi ini, merupakan respon alami dari sistem kekebalan tubuh dari ‘serangan’ benda asing. Benda tersebut, bisa berupa bakteri, virus, jamur, obat-obatan, dan bahkan racun. Oleh tubuh, beberapa benda tersebut dianggap sebagai zat yang menghasilkan demam dan membuat sistem kekebalan tubuh merespon.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami meriang, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Cara Mudah Mengobati Badan Meriang

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati badan meriang. Beberapa di antaranya, menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Penasaran apa saja caranya? Berikut ini informasi lengkap mengenainya.

Jahe

Cara untuk mengobati badan meriang pertama yakni menggunakan jahe. Silakan konsumsi minuman maupun makanan yang berbahan dasar jahe. Kandungan anti-bakteri yang ada dalam jahe, sangat ampuh untuk melawan kondisi kurang enak badan atau meriang.

Minum yang Cukup

Cara kedua yang bisa dilakukan, yakni dengan memenuhi kebutuhan cairan dengan minum cukup. Ketika meriang, biasanya tubuh menjadi tidak bertenaga dan sangat lemas. Tapi, dalam kondisi tersebut kamu harus tetap berusaha minum. Cairan, sangat penting menjaga kestabilan suhu tubuh.

Cairan tersebut, bisa digunakan untuk mengusir kuman yang mengganggu serta mengembalikan tubuh pada kondisi semula atau normal.

Memperbanyak Istirahat atau Tidur

Kemudian, cara lain yang bisa digunakan yakni dengan memperbanyak istirahat. Atau jika memungkinkan, kamu harus mencukupi kebutuhan tidurmu. Bahkan, intensitas tidur harus ditingkatkan lebih banyak lagi. Istirahat atau tidur serta tidak terlalu jauh dari kasur, merupakan cara yang paling mudah untuk mengobati meriang.

Meriang, juga bisa menjadi tanda bahwa tubuhmu yang selama ini sudah bekerja keras, menuntut untuk diberikan istirahat. Jadi, berikanlah tubuhmu kesempatan untuk mengembalikan energinya yang sudah berupaya melawan kuman, bakteri, ataupun virus dengan cara banyak istirahat.

Minum Obat Meriang

Pilihan paling logis dan cukup ampuh untuk mengobati meriang adalah dengan minum obat meriang. Melansir beberapa situs kesehatan, ada beberapa obat meriang yang bisa kamu pilih. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut:

  • Obat paracetamol
  • Obat ibuprofein
  • Obat aspirin
  • Obat naproxen

Jika sudah mengkonsumsi obat, jangan lupa untuk memenuhi cairan tubuh dengan banyak minum serta banyak istirahat atau tidur. Dengan cara tersebut, tubuh meriang yang kamu rasakan akan segera kembali ke kondisi normalnya. Semoga informasi ini cukup membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *